Buku Istri Simpanan Bukan Terbitan Yudhistira

Buku Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta Bermasalah
Sumber :

VIVAnews - Penerbit Yudhistira - Ghalia Indonesia meluruskan berita sejumlah media massa soal cerita istri simpanan dalam buku "Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta". Mereka menyatakan foto yang dipampangkan, termasuk di VIVAnews, adalah sampul buku terbitan Yudhistira yang tidak memuat istilah "istri simpanan" yang kini diributkan itu.

Hasil Liga 1: Persis Solo Legowo Akui Kemenangan Tim Tamu Persita Tangerang

Buku yang berjudul "Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta" itu rupanya ada dua. Yang pertama adalah buku terbitan Yudhistira. Yang kedua terbitan CV Media Kreasi. Keduanya sama-sama untuk siswa kelas II SD.

Bedanya, yang diterbitkan Yudhistira adalah buku inti pelajaran, sedangkan yang ditebitkan CV Media Kreasi lazim disebut Lembar Kerja Siswa (LKS). Bentuknya sama-sama buku, tapi fungsinya sekadar penunjang.

Pemerintah Sudah Kantongi Rp 112 Miliar Pajak Transaksi Kripto pada 2024

Buku terbitan Yudhistira

Buku Buku Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta Terbitan Yudhistira

Tetap Kompak, Momen Eko dan Akri Jenguk Parto, Minta Penggemar Jangan Khawatir Hal Ini

Foto ini adalah sampul buku terbitan Yudhistira, yang dipakai murid kelas II SD Angkasa IX Halim, Jakarta Timur dan berfungsi sebagai buku inti. Buku ini sama sekali tidak memuat istilah "istri simpanan".

Supervisor Divisi Humaniora Penerbit Yudhistira, Pirngadi, mengatakan pihaknya berkeberatan dengan pemuatan foto buku Yudhistira di sejumlah media massa, termasuk VIVAnews. Sebab dengan pemuatan foto itu, katanya, seolah-olah buku Yudhistira juga memuat hal yang sama dengan buku terbitan CV Media Kreasi.  

Dalam suratnya kepada VIVAnews, Pirngadi menjelaskan:

"Dalam buku terbitan Yudhsitira, materi tersebut ditampilkan dalam bentuk cerita bergambar dengan kalimat yang pendek-pendek karena siswa kelas 2 SD belum diperkenankan membaca dengan kalimat yang panjang yang tersusun dalam bentuk paragraf-paragraf (lihat buku PLBJ Yudhistira halaman 94).

Jika berbicara mengenai materi atau isi buku, semua buku pelajaran PLBJ memang memuat cerita Bang Mamat dari Kali Pasir karena kurikulum yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta berisi cerita Bang Mamat dari Kali Pasir. Untuk menyiasati alur cerita yang memang kurang pas untuk siswa  kelas 2 SD tersebut, tim editorial Yudhistira menampilkannya dalam versi yang lebih pantas seperti yang dapat dilihat dalam halaman 97."

Buku terbitan CV Media Kreasi

Buku Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta Bermasalah

Ini gambar sampul buku yang diterbitkan oleh CV Media Kreasi, yang memuat istilah maupun cerita soal istri simpanan.

Adalah Intan Budi Utoyo, orangtua Adivia Hana, siswa kelas 2  Sekolah Dasar Angkasa IX, Halim, Jakarta Timur, yang menemukan keganjilan itu. Dia terkejut sebab dalam buku anak-anak SD itu ternyata ada cerita yang dinilai tak pantas.

Kamis kemarin, 12 April 2012, sejumlah wartawan--termasuk wartawan VIVAnews--datang ke Sekolah Dasar Angkasa IX, Halim, Jakarta Timur itu. Di sana mereka ditemui oleh wali kelas II SD, Ibu Akim. Wartawan lalu menanyakan ihwal buku yang bermasalah itu.

Ibu Akim membantah bahwa buku mereka bermasalah, sembari menunjukkan buku terbitan Yudhistira itu. Buku itul kemudian difoto ramai-ramai oleh para wartawan, lalu kemudian dimuat. Sebagaimana dapat dilihat di dua sampul buku di atas, kedua buku itu memiliki judul yang sama.

Atas kekeliruan pemuatan gambar sampul buku itu di VIVAnews.com, kami meminta maaf dan telah mengoreksinya.

Penjelasan CV Media Kreasi

Penerbit CV Media Kreasi sendiri sudah meminta maaf kepada seluruh siswa dan orang tua murid atas kisah istri simpanan itu.  Mereka mengakui bahwa memang ada redaksional yang tidak pantas dikonsumsi oleh siswa sekolah dasar.

Haryanto, pemimpin CV Media Kreasi menyatakan, buku tahun ajaran 2011-2012 itu pun hari ini sudah mulai ditarik dari peredaran. Pihaknya telah mencetak 5.000 eksemplar dan sudah disebar ke pasaran.

"Adapun bacaan cerita Bang Maman dari Kali Pasir itu sendiri tercantum atau masuk dalam Kompetensi Dasar Muatan Lokal Mata Pelajaran PLBJ di Wilayah DKI Jakarta, sehingga harus kami penuhi dan tampilkan," jelasnya kepada VIVAnews, Jumat 13 April 2012. (selengkapnya baca di sini)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya