Kurangi Macet, Contra Flow di Tol Dalkot Dibuka Lagi

Ilustrasi Contra Flow
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Terhitung mulai tanggal 13 Februari 2017, Polda Metro Jaya dan Jasa Marga memberlakukan kembali pengaturan lalu lintas contra flow di Jalan Tol Dalam Kota (Cawang-Semanggi) Km 1+700 s.d Km 8+100 dalam rangka meningkatkan pelayanan operasional untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas.

Mangkrak 17 Tahun, Tol Dalam Kota Bandung Bakal Dilanjutkan Demi Atasi Macet

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan, berdasarkan diskresi kepolisian, contra flow akan diberlakukan pada hari kerja pada pukul 06.00 s.d 09.00 dengan tetap mengutamakan keselamatan pengguna jalan.

"Hal ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas akibat proyek pembangunan infrastruktur dalam waktu yang bersamaan, yaitu Pembangunan Jalan Layang Pancoran dan Proyek Light Rail Transit (LRT)," kata Heru dalam keterangan tertulisnya, Jumat 10 Februari 2017.

Catat, 31 Januari 2020 Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik  

Heru juga menambahkan, contra flow juga diharapkan dapat menguraikan kepadatan di Simpang Susun Cawang akibat pertemuan lalu lintas dari arah Jagorawi, Cikampek dan Tanjung Priok yang mencapai 100 ribu kendaraan setiap harinya.

"Contra flow dilakukan mulai dari Cawang Km 01+700 hingga Semanggi Km 8+100, dimana pengguna jalan yang menuju Semanggi dan sekitarnya dapat keluar melalui exit/offramp MPR/DPR setelah Semanggi," ujarnya.

Banjir Terjang Sejumlah Jalan Tol, Pengalihan dan Penutupan Dilakukan

Untuk mendukung contra flow Cawang-Semanggi, Jasa Marga meningkatkan pelayanan operasional dengan memaksimalkan petugas Layanan Jalan Tol (LJT), Derek dan Ambulans serta meningkatkan pelayanan transaksi dengan optimasi petugas Jemput Transaksi (PUTTRA) dan optimalisasi gardu tol.

"Jasa Marga terus bekerjasama dengan Kepolisian Polda Metro Jaya, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Bina Marga, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Dinas Perhubungan DKI Jakarta serta pihak terkait lainnya untuk terus dapat meningkatkan pelayanan operasional untuk pengguna jalan tol," katanya.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan agar berhati-hati, memperhatikan rambu atau petunjuk jalan yang ada, serta selalu mengantisipasi perjalanan melalui informasi kondisi lalu lintas terkini yang bisa didapatkan melaluiJasa Marga Traffic Information Center (14080), Twitter @PTJASAMARGA, Live Streaming www.jasamargalive.com dan Mobile Apps JMCARe.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya