65 Ribu Bibit Lobster Gagal Diselundupkan ke Singapura

Barang bukti lobster yang gagal diselundupkan ke luar negeri.
Sumber :
  • Danar Dono - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Badan Reserse Kriminal Mabes Polri menggagalkan penyelundupan puluhan ribu bibit lobster ke luar negeri.

Gudang Penyelundup Lobster Terbongkar di Jambi

Menurut Wakil Kepala Bareskrim Polri, Irjen Pol Antam Novambara, ada sebanyak 65.649 ekor bibit lobster yang diamankan petugas dalam operasi menggagalkan penyelundupan lobster itu. Dengan total potensi kerugian negara mencapai Rp7 miliar.

"Bayangkan kalau dipelihara dengan asumsi mati separuh saja, seekornya jika besar 500 gram saja sudah berapa ton, besar sekali nilai rupiahnya," ujar Antam Novambar di kantor KKP, Senin, 27 Februari 2017.

Cegah Penyelundupan Bayi Lobster, Negara Selamatkan Rp14 M

65 ribu bibit lobster itu diamankan dalam operasi besar yang digelar Bareskrim dan KKP di lima wilayah, yakni di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, wilayah Denpasar, Bandara Lombok, wilayah Lombok dan wilayah Surabaya.
 
Antam menuturkan, ada sembilan pelaku yang telah diamankan dalam operasi itu. Tersangka merupakan bagian dari sindikat besar yang sering menyelundupkan bibit lobster ke Vietnam dan Singapura.

Kepala Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Dan Keamanan Hasil Perikanan, Rina mengatakan, bibit lobster diselundupkan dengan berbagai cara, seperti dikemas di dalam koper pakaian dan dimasukkan ke dalam plastik berisi busa beroksigen.

Puluhan Ribu Baby Lobster Gagal Diselundupkan

"Di kasus Mataram dan Denpasar, pelaku beli bibit lobster dari nelayan kemudian dibawa melalui kurir dengan bagasi berupa koper yang berisi bibit lobster tersebut yang ditaruh di dalam plastik beserta sepon basah beroksigen. Di modus kedua, paket bibit lobster dikirim melalui kargo udara dan diantar dengan taksi online, pengemasan bibit dilakukan dengan cara yang sama seperti yang di koper," ujarnya. (mus)

Polisi mengamankan upaya penyelundupan lobster.

Polisi Sita Benih Lobster Tak Bertuan Senilai Rp11 M di Mobil Xenia

Saat ditemukan, lobster tak bertuan di mobil Xenia lagi terpakir di Jalan PMD, Talang Jambe, Palembang.

img_title
VIVA.co.id
20 Agustus 2021