Menteri PU: Ibukota Pindah, Pikir Matang Dulu

Menteri PU Djoko Kirmanto
Sumber :
  • galeryfoto.pu.go.id

VIVAnews - Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto memilih pikir-pikir dahulu perihal wacana pengalihan Ibukota Negara Indonesia dari Jakarta ke daerah lain di Pulau Kalimantan.

"Dari mana ada isu itu," ujar Djoko Kirmanto mempertanyakan asal mula munculnya wacana pengalihan lokasi Ibukota Indonesia kepada wartawan di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis 29 Juli 2010.

Menurut Djoko, wacana pengalihan Ibukota negara perlu dipertimbangkan secara masak-masak dan harus melihat sisi positif dari pengalihan itu. "Wong pindahin Ibukota kok," kata dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat yang membidangi Pemerintahan, Teguh Juwarno, menggulirkan lagi wacana pemindahan ibukota dari Jakarta.

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Menurut salah satu Ketua Partai Amanat Nasional ini, Jakarta cukup dibebani sebagai pusat perdagangan dan keuangan.

Alasan pemindahan, kata Teguh, pertama, karena kondisi macet di Jakarta yang semakin parah. Kedua, jika pemindahan dilakukan ke Kalimantan, tentu akan lebih aman dari gempa bumi.

Menurut Peta Gempa 2010 yang dilansir pemerintah beberapa waktu lalu, Jakarta termasuk daerah yang rawan gempa. "Soal gempa ini, memperkuat juga gagasan pemindahan ke Kalimantan."

Teguh menuturkan, akan mengkaji prosedur perubahan itu. Kalau konstitusi mengatur ibukota negara harus di Jakarta, ia menyatakan itu bisa disiasati dengan membuat aturan ibukota pemerintahan di tempat lain. (hs)

Serial Secret Ingredient

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Sebagai infomasi, Nicholas Saputra berperan sebagai Chef Arif yang berada dalam pusaran konflik antara Ha-Joon (Sang Heon Lee) dan Maya (Julia Barretto).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024