Rusuh Buol, Polri Bantah Data Komnas HAM

Investigasi kerusuhan Buol
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVAnews - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menduga Kasmir Timimun, tahanan Polsek Buol, Sulawesi Tengah, tewas bukan karena gantung diri. Tetapi, hal itu dibantah Markas Besar Polri.

"Kasmir itu kalau lihat dari hasil visum dengan keterangan kesimpulan dari dokter, meninggalnya karena gantung diri," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal Polisi Iskandar Hasan, Selasa 7 September 2010.

Pernyataan Polri ini berbeda dengan temuan Komnas HAM. Tewasnya Kasmir itu diduga sebagai pemicu bentrokan aparat dengan masyarakat yang menewaskan delapan warga sipil.

Sebelumnya, Komisioner Sub Komisi Mediasi Komnas HAM Ridha Saleh mengatakan, Kasmir meninggal tidak wajar, kemungkinan pria yang dipenjara karena kasus tabrak lari dengan korban seorang anggota polisi itu mengalami kekerasan.

Berdasarkan bekas yang terdapat di tubuh korban, kata Ridha, terdapat tanda penyiksaan. Bekas itu antara lain seperti luka memar, bekas sumbatan koran di mulut, luka lebam, dan ada bekas sundutan rokok.

Komnas HAM tidak melihat ada bekas gantung diri pada tubuh Kasmir. "Kalau gantung diri, kami tidak menemukan ciri gantung diri. Seperti mata melotot atau lidah menjulur," kata Ridha siang tadi. (umi)

Terpopuler: Kata Mamah Dedeh Soal Istri Tolak Suami sampai Kebiasaan Pagi untuk Turunkan Kolesterol
Ria Ricis

Ria Ricis Mau Lebih Banyak Muhasabah, Auto Dinyiyirin Netizen

Dua pekan menyandang status janda, Ria Ricis mengaku saat ini lebih fokus pada dirinya sendiri. Ada berbagai keinginan yang ingin dicapainya saat ini.

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024