Polisi Berencana Panggil Rohaniwan Freddy Budiman

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
VIVA.co.id
Tak Ada Aliran Dana Rp90 Miliar dari Freddy Budiman
- Pihak Kepolisian berencana untuk memanggil sejumlah pihak untuk mendalami kebenaran kesaksian yang diungkapkan oleh terpidana mati Freddy Budiman melalui Kordinator Komisi Untuk Orang Hilang dan Anti Kekerasan (Kontras), Haris Azhar. Testimoni yang dituangkan dalam tulisan itu berujung pelaporan Haris Azhar ke Bareskrim Mabes Polri.

DPR Bentuk Panja Usut Testimoni Freddy Budiman

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri, Inspektur Jenderal Pol Boy Rafli Amar mengatakan, pihaknya tidak menutup kemungkinan akan memanggil rohaniwan yang mendampingi Freddy Budiman serta mantan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Batu, Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Liberty Sitinjak.
Tim Independen Polri Bakal Bertemu Pengacara Freddy Budiman


"Saya pikir nanti akan seperti itu, karena orang yang berkaitan. Pertama, berkaitan dengan pertemuan, yang kedua berkaitan dengan konten," kata Boy di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 4 Agustus 2016.


Boy menyebut pihaknya masih mendalami mengenai laporan terhadap Haris Azhar ini. Dia memperkirakan proses penelusuran kasus ini memerlukan waktu yang cukup lama, karena termasuk melibatkan digital forensik.


"Ini memerlukan kerja khusus di laboratorium kita, dan masih butuh waktu," ujar dia.


Saat disinggung mengenai pemanggilan terhadap Haris sebagai terlapor, Boy menyebut pihaknya belum menjadwalkan untuk itu. "Langkah awal penyelidikan, pengumpulan barang bukti, baru jadi penyidikan," ucap Boy.


Diketahui, Haris telah dilaporkan oleh 3 instansi penegak hukum yakni BNN, TNI dan Polri ke Bareskrim Mabes Polri. Dia dilaporkan atas dugaan pencemaran nama baik yang diatur dalam Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik atau Undang Undang nomor 11 tahun 2008.


Atas pelaporan itu, Haris mengaku siap untuk menghadapinya. Dia menyebut pelaporan itu merupakan konsekuensi atas pernyataan yang dilontarkannya atas kesaksian Freddy Budiman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya