Libur Panjang, Tol Jakarta-Cikampek Sudah Mulai Padat

Ilustrasi jalan.
Sumber :
  • TMCPoldaMetro

VIVA.co.id – Momentum Idul Adha 1438 Hijriah tahun ini sepertinya dimanfaatkan banyak warga di Tanah Air untuk pulang ke kampung halaman atau berlibur. Sebab jatuh mendekati akhir pekan.

Polisi Sebut Pengemudi Mobil Fortuner Arogan Ditangkap Saat Sembunyi di Rumah Kakaknya

Fakta itu setidaknya terlihat dari meningkatnya volume kendaraan, seperti halnya di Jakarta-Cikampek. Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, mulai dari tol dalam kota, hingga Jakarta-Cikampek dari kilometer 2 sampai kilometer 19 menuju arah Bekasi sudah padat merayap. Bahkan rest area yang berada di kilometer 19 ditutup karena dipenuhi orang yang beristirahat.

Kepadatan makin menjadi karena ada penyempitan di bagian kiri dan kanan jalan, akibat pembangunan proyek MRT.

Tangan Diborgol, Pengemudi Fortuner Arogan Ngaku Adik Jenderal Tertunduk Lesu di Kantor Polisi

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Kepolisian mengantisipasi libur panjang akibat Idul Adha tahun ini. Di antaranya dengan menyebar ribuan personel dari Jakarta sampai Brebes Timur.

Meski demikian dia memprediksi kepadatan lalu lintas tak akan terjadi lebih tinggi ketimbang libur Idul Fitri. "Tapi agak sedikit berbeda, kalau Idul Adha itu mereka mau berlibur," ujarnya di Pos Cikopo, Jawa Barat, Kamis 31 Agustus 2017.

Urai Peningkatan Arus Balik Lebaran, Contraflow Diberlakukan Kembali di Tol Japek

Dia juga memprediksi, kemacetan baru akan terjadi setelah salat Idul Adha digelar dan mulai bergerak ke daerah-daerah wisata.

Dirlantas Polda Jawa Barat Kombes Pol Tomex Kurniawan menambahkan, sampai saat ini kendaraan yang menuju Cikarang Utama sebanyak 2.500 sampai 3.000 kendaraan per jamnya.

"Kalau terjadi kepadatan kami penggal untuk kami keluarkan semua, sehingga jalur alteri Pantura dimungkinkan menerima tampungan dari tol. Tapi, hasil evaluasi kita beberapa tahun bahwa kondisi ini, lebih di dominasi besok," katanya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya