Tujuh Juta Blangko E-KTP Tersedia di Kemendagri

Proses perekaman data untuk e-KTP/Ilustrasi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA.co.id – Blangko untuk pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) yang sempat mengalami kelangkaan, akhirnya sudah tersedia di Kementerian Dalam Negeri. 

INFOGRAFIK: Cara Buat KTP Digital

"Minggu ini saja ada 840 ribu yang kami bagi. Sampai Oktober ada 7,47 juta (blangko). Jadi, saya pastikan blangko cukup," kata Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh, di Jakarta Selatan, Kamis 28 September 2017. 

Zudan menuturkan, blangko untuk e-KTP didistribusikan ke seluruh provinsi, kabupaten dan kota. Setiap hari ada 200-250 ribu stok blangko yang disediakan. 

Rektor UIN Jakarta Semprot Agus Rahardjo Soal e-KTP: Pak Agus Seharusnya Merespon Saat Itu

"Jadi tidak usah khawatir, masyarakat segera urus ke dinas. Dan dinas sebelum habis blangkonya segera ambil ke pusat," ujarnya. 

Zudan mengimbau kepada masyarakat yang sudah melakukan perekaman data untuk menanyakan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat terkait pencetakan e-KTP mereka.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Ia mencatat ada tujuh juta penduduk Indonesia yang belum mendapatkan e-KTP, padahal sudah melakukan perekaman data diri. 

"Seluruh Indonesia sudah 95 persen yang merekam, yang sudah tercetak 94 persen. Kurang enam persen lagi, kira-kira tujuh juta penduduk lagi," tuturnya. (ase)

Blanko kosong e-KTP sebelum diisi dengan data warga.

Pemprov DKI Siapkan 5 Juta Blanko e-KTP untuk Pemilih Pemula di Pilkada 2024

Ketersediaan blanko e-KTP beberapa bulan sebelum pencoblosan Pilkada 2024 bisa meminimalisasi penggunaan suket pemilih.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024