Gunung Sinabung Semburkan Abu Vulkanik 3,6 KM

Gunung Sinabung di Sumatera Utara mengalami erupsi pada 2 Agustus 2017. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • VIVA.co.id/ANTARA FOTO/Maz Yons

VIVA.co.id - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, terus menunjukkan aktivitasnya, berupa erupsi dengan menyemburkan abu vulkanik mencapai 3.600 meter.

Gunung Sinabung Erupsi Dua Kali Hari Ini, Lontarkan Abu Vulkanik

"Erupsi Gunung Sinabung tadi sore, sekitar pukul 15.17 WIB. Selain itu, erupsi juga menimbulkan awan panas disertai guguran sejauh 1.000 meter," sebut Kepala Pos Pemantau Gunung Api Sinabung, Armen Putra, kepada VIVA.co.id, Minggu malam, 1 Oktober 2017.

Sementara itu, Erupsi Gunung Sinabung juga menimbulkan gempa dengan kekuatan rendah dan lama gempa selama 398 detik. "Untuk arah angin ke arah selatan dan kondisi angin lemah ke arah timur-tenggara," kata Armen Putra.

Erupsi Gunung Sinabung, Hujan Abu Vulkanik Terasa Hingga Binjai

Dia mengimbau masyarakat selalu waspada dan mengikuti arahan dari pihak terkait. Karena, sewaktu-waktu erupsi akan kembali terjadi.

"Masyarakat sekitar Sinabung hindari zona-zona bahaya karena masih berpotensi terjadi awan panas dan guguran lava, serta erupsi-erupsi Gunung Sinabung susulan selanjutnya," kata Armen. (one)

Gunung Sinabung Erupsi, Abu Vulkanik hingga ke Medan
Mensos Risma melihat langsung masyarakat yang berdampak letusan Gunung Sinabung

Mensos Dorong Warga Terdampak Letusan Gunung Sinabung Kembangkan Usaha

Mensos memotivasi masyarakat agar mereka berinisiatif meningkatkan pendapatan. Ia meminta kepada masyarakat untuk tidak menyerah kepada nasib.

img_title
VIVA.co.id
19 November 2021