Penumpang KM Dharma Kencana II Dievakuasi ke Pelabuhan Kumai

KM Dharma Kencana II di laut Jawa.
Sumber :
  • Repro Instagram

VIVA – Proses penyelamatan penumpang dan kru Kapal Motor Dharma Kencana II yang terbakar di Laut Jawa, masih berlangsung.

KM Mutiara Berkah I yang Angkut 136 Truk Terbakar Hebat di Merak, Prajurit Lanal Banten Dikerahkan

Menurut Kepala Polres Jepara AKBP Yudianto Adhi Nugroho, penumpang dan kru kapal saat ini sudah diselamatkan dan berada dalam kapal tongkang batubara.

"Saat ini masih di kapal, belum sampai daratan," kata Yudianto, Minggu, 29 Oktober 2017.

Bus Pelat Merah Penyebab KMP Royce 1 Terbakar Milik Kemendag, Mau Antar Rombongan Nikah

Yudianto mengatakan, dari informasi yang diterimanya, seluruh penumpang dan kru kapal yang selamat akan dibawa ke Pelabuhan Kumai di Kalimantan Tengah.

"Karena lokasi terbakarnya jauh dari Jepara dan Semarang, jadi dibawa ke Pelabuhan Kumai," ujarnya.

Kepanikan dan Tangisan Penumpang saat Tahu Kapal KMP Royce 1 Terbakar

Yudianto menuturkan, berdasarkan informasi sementara yang diterimanya, penumpang dan kru kapal sudah dievakuasi dari dalam KM Dharma Kencana.

"Seluruh penumpang sudah berada di dalam tongkang. Diselamatkan oleh tongkang batu bara dari Kalimantan," kata Yudianto.

Yudianto mengatakan, kapal mengangkut sebanyak 137 orang dewasa, empat anak-anak dan dua bayi. "Ini dari keterangan anggota kami yang berada di Pelabuhan Kartini. Jumlah ini sudah termasuk awak kapal. Ini data sementara," katanya.

Kapal milik PT Dharma Lautan Utama (DLU) terbakar pukul 04.45 WIB, Minggu, 29 Oktober 2017. Kapal terbakar dalam perjalanan pelayaran dari Semarang menuju Pontianak. 
 
Lokasi kapal terbakar berada pada koordinat  211,84 KM atau berjarak 131 mil dari Pelabuhan Jepara. Dalam manfes kapal tercatat, kapal mengangkut 119 penumpang, dengan rincian 114 dewasa, tiga anak-anak dan dua bayi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya