Buku Yerusalem Ibu Kota Israel Dilarang Beredar di Solo

Kepala Dinas Pendidikan Solo, Etty Retnowati, memperlihatkan surat yang berisi pelarangan buku pelajaran sekolah dasar yang menyebut Yerusalem sebagai ibu kita Israel pada Rabu, 13 Desember 2017.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Buku pelajaran kelas VI Sekolah Dasar yang di dalamnya menyebut Yerusalem sebagai ibu kota Israel dilarang beredar di Kota Solo, Jawa Tengah. Pemerintah Kota sudah menerbitkan surat resmi untuk melarang peredaran buku itu.

Dewan Keamanan PBB yang Gagal dalam Menjamin Perdamaian Dunia

"Pemkot Solo melarang penggunaan buku tersebut di wilayah Solo, dan jika ada sekolah yang telanjur menggunakannya untuk segera menghentikannya," kata Kepala Dinas Pendidikan Solo, Etty Retnowati, pada Rabu, 13 Desember 2017.

Buku itu disusun berdasarkan kurikulum tahun 2006, sementara sebagian besar sekolah di Solo, sekira lima persen, sudah menggunakan buku-buku berdasarkan kurikulum tahun 2013. "Nah, yang separuh sekolah itu pun belum tentu menggunakan buku itu juga, karena itu merupakan buku pendamping," kata Etty.

Kegagalan Hukum Internasional dalam Menghadapi Kejahatan Perang Israel

Pelarangan buku itu bermula ketika ramai diperbincangkan tentang buku pelajaran IPS Terpadu Jilid 6A dengan pengarang Budi Hartawan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan bahwa buku itu sudah diunggah dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) tahun 2008.

Pada Rabu, 13 Desember 2017, sejumlah ormas Islam di Solo mendatangi kantor Dinas Pendidikan setempat untuk beraudiensi dengan Kepala Dinas Etty Retnowati.

Didukung Amerika Serikat, Ini Alasan Israel Dibiarkan Dunia

Penyebutan Yerusalem sebagai ibu kota Israel dalam buku itu dianggap kesalahan fatal dan menyesatkan, apalagi digunakan untuk pelajar sekolah dasar. "Di tataran itulah diajarkan ilmu-ilmu yang sifatnya mendasar," kata Sekretaris Jenderal Laskar Umat Islam Solo, Yusuf Suparno, dalam kesempatan audiensi itu.

Dalam BSE, kata Yusuf, disebutkan juga Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Padahal pengetahuan publik dunia selama ini ibu kota negara itu adalah Tel Aviv. Masalahnya kian rumit setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump belakangan menyatakan bahwa Amerika mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. (one)

Ilustrasi Boikot Produk Israel. Sumber: Flickr.com

Antara Dukungan dan Keberlanjutan Ekonomi Lokal

Konflik di Gaza, mengundang respons dari berbagai masyarakat Indonesia dengan melakukan boikot terhadap produk yang terhubung dengan Israel.

img_title
VIVA.co.id
24 November 2023