Gairah Maju Pilkada Cenderung Menurun

Ketua KPU Juri Ardiantoro
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yandi Deslatama

VIVA.co.id – Catatan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk Pilkada 2017, terjadi penurunan peserta calon kepala daerah, jika dibandingkan dengan pilkada serentak pertama Desember 2015.

Demokrat Lawan Keluarga Ratu Atut di Pilkada Banten

Ketua KPU, Juri Ardiantoro, mengatakan, walaupun di beberapa daerah ada yang calonnya lebih dari tiga, secara umum minat masyarakat untuk ikut maju di pilkada menurun.

"Memang ada catatan, pengurangan calon, di mana peserta rata-rata cuma dua-tiga pasangan calon," kata Juri, di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Rabu 28 Desember 2016.

Semua Petugas KPPS Pilkada 2020 Akan Jalani Rapid Test

Ada 101 daerah provinsi maupun kabupaten/kota, yang akan ikut pilkada serentak 15 Februari 2017. Namun, jumlah calon memang tidak lagi semeriah sebelumnya.

"Ini situasi di mana gairah untuk jadi calon menurun dari pilkada ke pilkada," katanya.

Pemilu Serentak 2024 Kemungkinan Ditunda

Namun, di tengah menurunnya minat menjadi pasangan calon di pilkada, ada juga tren kenaikan jalur independen. Di mana, mereka lebih memilih jalur perseorangan dibandingkan ikut melalui koalisi partai politik.

"Dan peningkatan jumlah pasangan calon tunggal ada delapan dan kemungkinan nambah jadi sembilan yang pasangan calon tunggal," kata Juri.

Mendagri ?Tito Karnavian di Medan, Sumut, Jumat, 3 Juli 2020.

Pilkada Serentak di Sumut, Mendagri: Semua Siap

Pilkada serentak ini harus mengikuti protokol kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
3 Juli 2020