Piala Dunia 2018: Merajut Cerita Dongeng Timnas Inggris

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate (jas biru)
Sumber :
  • FA.com

VIVA – Inggris kembali mencoba peruntungannya di Piala Dunia 2018. Datang dengan skuat muda, The Three Lions diprediksi akan memberikan warna permainan yang berbeda. 

Media Korsel Sorot Timnas Indonesia: Senjata Paling Berbahaya Mereka Adalah STY

Rata-rata usia skuat Inggris adalah 26 tahun dan menjadi negara termuda ketiga dari 32 negara yang tampil di Piala Dunia 2018. Rata-rata pemain muda mereka hanya kalah dari Prancis dan Nigeria. 

Beberapa nama beken dibawa oleh pelatih The Three Lions, Gareth Southgate seperti top skorer kedua Premier League 2017/2018, Harry Kane hingga Jordan Henderson yang berjasa membawa Liverpool ke partai final Liga Champions musim 2017/2018. 

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

Target Inggris tidak sembarangan, yaitu menjadi juara kompetisi akbar empat tahunan tersebut. Hal ini diungkapkan oleh bomber Inggris, Marcus Rashford. 

"Saya rasakan ada yang berbeda di bawah asuhan Southgate. Secara pribadi lebih siap, begitu juga dengan tim. Kami tahu apa yang bisa kami lakukan. Ini menjadi menjadi langkah awal untuk lebih baik di pentas Piala Dunia," kata Rashford, seperti dilansir Evening Standard. 

Pemain Jagoan Inggris Persenjatai Diri Rumahnya dengan Perlengkapan 'Kelas Militer' Selama EURO 2024

"Kami semua merasa nyaman dengan skuat ini. lebih memahami identitas tim dan cara kami ingin bermain seperti apa," lanjut dia. 

Inggris sendiri tergabung di grup G bersama Belgia, Panama dan Belgia. Membaca peluang, The Three Lions sebenarnya memiliki harapan besar untuk lolos dari fase grup. Namun pertanyaannya adalah kesanggupan mereka untuk bertahan di fase knockout.

Sebab menilik dari sejarah, Inggris selalu kesulitan ketika sudah memasuki fase tersebut. Tercatat mereka terakhir kali merasakan trofi juara di tahun 1966. 

Torehan tertingginya setelah itu adalah mencapai babak semifinal di tahun 1990. Terakhir kali di Piala Dunia 2014 lalu, di mana mereka bergabung di Grup D bersama Italia, Uruguay dan Kosta Rika. Secara mengejutkan mereka gagal lolos dari fase grup. 

Selanjutnya>>> Tim dongeng di Piala Dunia 2018

Inggris terus berandai-andai di Piala Dunia 2018 kali ini. Menjadi juara tentu jadi harapan besar skuat The Three Lions. 

Meski tidak diunggulkan, mereka optimistis dan siap merealisasikan harapan tersebut. Bomber Inggris, Jamie Vardy mengingat kembali pengalamannya bersama Leicester City di ajang Premier League musim 2015/2016. 

Saat itu, The Foxes datang sebagai tim yang tidak diunggulkan. Namun fakta berkata lain, mereka menjelma sebagai tim dongeng dan mengakhiri musim dengan torehan 22 kemenangan. Atas alasan tersebut, Vardy yakin Inggris bisa berbicara banyak di Piala Dunia 2018. 

"Kami memiliki kemampuan untuk melakukan itu. Kami tahu mengenai cara bermain lawan-lawan yang dijagokan menjadi juara. Kami percaya bisa mencapainya," kata Vardy, seperti dilansir Dailystar. 

Hal ini dipertegas oleh Jordan Henderson. Dia percaya jika Inggris dengan status bukan unggulan bisa menciptakan kejutan. 

"Ada banyak kejutan di olahraga, bukan merendahkan namun lihat Leicester City di Premier League. Tidak banyak orang yang memulai musim dengan mengatakan jika mereka bisa melakukan itu," kata Henderson, seperti dilansir Independent. 

Bukan tanpa bukti, di lima kali ajang uji coba terakhirnya, skuat asuhan Southgate belum mengalami kekalahan. Dengan rincian tiga kemenangan dan dua kali hasil imbang. 


Selanjutnya>>> Celah Inggris di Piala Dunia 2018

Turun dengan daya juang pemain muda dan modal yang baik di beberapa laga uji coba sebelumnya, tapi Inggris bukan tanpa celah. Legenda sepakbola Inggris, Tony Adams buka suara terkait hal ini. 

Dia menilai jika tim besutan Gareth Southgate memiliki poin kekurangan yaitu penjaga gawang. Dalam turnamen ini, Inggris tidak menyertakan kiper syarat pengalamannya, Joe Hart. 

Southgate bakal mengandalkan dua nama, yaitu Jack Butland dan Jordan Pickford. Adams mengaku ragu dengan kualitas penjaga gawang tersebut. 

"Kami juga melangkah ke turnamen ini tanpa seorang kiper seperti Gianluigi Buffon, seorang kiper bermental juara. Kiper hebat dan bek tangguh masih harus dicari oleh Inggris," kata Adams, seperti dilansir The Sun. 

Berikut skuat timnas Inggris di Piala Dunia 2018 

Kiper: Jack Butland, Jordan Pickford, Nick Pope

Bek: Gary Cahill, John Stones, Phil Jones, Harry Maguire, Kyle Walker, Danny Rose, Kieran Trippier, Trent Alexander-Arnold.

Gelandang: Eric Dier, Jesse Lingard, Jordan Henderson, Fabian Delph, Ashley Young, Dele Alli, Ruben Loftus-Cheek.

Penyerang: Harry Kane, Raheem Sterling, Jamie Vardy, Danny Welbeck, Marcus Rashford. 

Jadwal timnas Inggris di Piala Dunia 2018 

19 Juni 2018, 01.00 WIB: Tunisia Vs Inggris
24 Juni 2018, 19.00 WIB: Inggris vs Panama
29 Juni 2018, 01.00 WIB: Inggris vs Belgia.

Rekor timnas Inggris di Piala Dunia 

1930 - tidak ikut serta
1938 - tidak ikut serta
1950 - Babak 1
1954 - Perempatfinal
1958 - Babak 1
1962 - Perempatfinal
1966 - Juara
1970 - Perempatfinal
1974 - tidak lolos
1978 - tidak lolos
1982 - Babak 2
1986 - Perempatfinal
1990 - Peringkat keempat
1994 - tidak lolos
1998 - Babak 2
2002 - Perempatfinal
2006 - Perempatfinal
2010 - Babak 2
2014 - Babak 1


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya