Mesut Oezil Pensiun dari Timnas Jerman

Pemain Timnas Jerman, Mesut Oezil usai dikalahkan Korea Selatan
Sumber :
  • REUTERS/Michael Dalder

VIVA – Keputusan mengejutkan dibuat gelandang Arsenal, Mesut Oezil. Pemain 29 tahun ini memutuskan pensiun dari Timnas Jerman.

Fans Fenerbahce ke Rans Cilegon FC: Jangan Mimpi Datangkan Mesut Oezil

Semua bermula dari foto Oezil bersama Presiden Turki, Tayyip Erdogan pada Mei 2018. Sebelum Piala Dunia 2018 bergulir foto ini kembali heboh dan Oezil dikritik habis-habisan.

Di mata sejumlah politikus Jerman, aksi Ozil seakan-akan memberikan dukungan kepada parpol pimpinan Erdogan. Kritikan juga dilontarkan oleh Federasi Sepak Bola Jerman (DFB). Padahal, keputusan Oezil bertemu Erdogan sama sekali tak ada niat politis. Tindakan itu hanya untuk menghormati leluhurnya yang berasal dari Turki.

Curhat Miris Aubameyang dan Oezil Jadi Korban 'Kebengisan' Arsenal

Oezil pun terlanjur kecewa dengan sikap DFB dan masyarakat Jerman. Dia memberikan tiga pernyataan panjang di Twitter yang membuat heboh dunia maya. Ujung-ujungnya, Oezil menyatakan pensiun dari sepakbola internasional.

"Perlakuan yang saya terima dari DFB dan banyak orang membuat saya tak mau lagi mengenakan seragam timnas Jerman. Saya merasa tak diinginkan dan saya berpikir apa yang sudah saya raih sejak debut internasional pada 2009, dilupakan begitu saya," kata Oezil dilansir Eurosport.

Arsenal Lepas Pemain Rp3,8 Triliun Secara Gratis

"Saya mengenakan seragam Jerman dengan kebanggaan, tapi sekarang tidak. Keputusan ini benar-benar sulit, karena saya selalu memberikan segalanya untuk rekan setim, staf pelatih, dan orang-orang baik di Jerman," lanjutnya.

Oezil melakoni debit di Timnas Jerman pada 2009. Eks pemain Real Madrid ini tampil dalam 92 pertandingan dan mencetak 23 gol. Oezil sukses membawa Jerman juara Piala Dunia 2014.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya