Ketika Kemerdekaan Terancam Hancurkan Timnas Spanyol

Pemain Spanyol saat jadi juara Euro 2012
Sumber :
VIVA.co.id
Spanyol Tunjuk Pengganti Fernando Hierro
- Negara Spanyol di ambang perpecahan setelah Catalan meminta kemerdekaan. Hal ini dikhawatirkan pelatih Timnas Spanyol, Vicente del Bosque, bakal mempengaruhi kekuatan skuad 'La Roja'

Resmi, Fernando Hierro Mundur dari Timnas Spanyol
Dalam beberapa bulan terakhir, Catalan memang menjadi perhatian seantero Spanyol bahkan Eropa karena mengajukan referendum untuk berpisah dari "Negeri Matador".

Kiper Senior Spanyol Kritik Bola Piala Dunia 2018
Presiden Liga Spanyol (LFP), Javier Tebas, sebelumnya telah memperingatkan Barcelona tak akan bisa bermain di La Liga kalau Parlemen Catalonia memberikan izin untuk mengajukan kemerdekaan. Para pemain Barcelona pun beberapa kali memberikan dukungan kepada wacana kemerdekaan tersebut, termasuk Gerard Pique dan mantan pelatih, Pep Guardiola.

Kalau sampai kemerdekaan ini jadi nyata, maka bakal jadi kabar buruk buat sepakbola Spanyol. Pasalnya, banyak pemain dari daerah Catalan merupakan pemain-pemain dengan skill mumpuni dan tak bisa membela Spanyol.

"Akan sangat buruk buat semua orang kalau tim Catalan sampai ditendang dari Liga Spanyol. Kami sudah membicarakan soal itu dan tentu saja kami khawatir," ujar Del Bosque pada Cadena SER.

"Masalah soal kemerdekaan Catalan adalah sesuatu yang kami tidak bicarakan di tim nasional. Ada hubungan baik antara semua pemain (dalam skuad). Kami menerima semuanya, Catalan, Galia, semuanya," tambah pelatih gaek tersebut.

Spanyol saat ini sudah dipastikan bakal tampil di Piala Eropa 2016 mendatang di Prancis, setelah berhasil keluar sebagai pemuncak Grup C dengan 27 poin dari 10 pertandingan. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya