Luis Milla Nilai Pemecatan Lopetegui Dalang Tersingkirnya Spanyol

Eks pelatih timnas Spanyol, Julen Lopetegui.
Sumber :
  • REUTERS/Juan Medina

VIVA - Pelatih timnas Indonesia, Luis Milla menilai pemecatan Julen Lopetegui sebelum turnamen berdampak besar tersingkirnya Spanyol di babak 16 besar Piala Dunia 2018. Seperti diketahui, Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) merumahkan Lopetegui dari kursi pelatih hanya dua hari sebelum pertandingan pertama La Furia Roja di Rusia.

Akhir Kisah Raphael Varane dengan Timnas Prancis, Mimpi Jadi Kenyataan

Alasan RFEF memutus kontrak Lopetegui karena sang pelatih menerima tawaran Real Madrid tanpa sepengetahuan federasi. Fernando Hierro langsung ditunjuk mengambil alih tim sebagai arsitek interim.

Meski berhasil mengakhiri Grup B dengan menjadi pemuncak, Spanyol hanya mampu menorehkan sebiji kemenangan dalam tiga partai di penyisihan grup, dan pada akhirnya tereliminasi secara mengejutkan kontra tuan rumah Rusia di fase 16 besar lewat drama adu penalti.

Raphael Varane Pensiun dari Timnas Prancis

"Kalau bicara soal Piala Dunia, jelas kita harus 100 persen siap dalam segi teknik, taktik, dan juga mental. Pergantian pelatih (di timnas Spanyol) dua hari sebelum Piala Dunia jelas menjadi sebuah kejutan yang sangat besar, bahkan menyakiti pemain." kata Milla.

"Saya tidak tahu secara jelas alasan pemecatan ini, tapi jika saya sebagai pemain, pasti sakit saat pelatih yang mendampinginya sejak babak kualifikasi sampai dua hari sebelum laga pertama turnamen tiba-tiba diganti. Pastinya ini membuat situasi tidak ideal dan ini di luar kontrol pemain," jelasnya

Pamer Foto Ini di Instagram, Paul Pogba Banjir Hujatan dari Fans Juventus

Menurutnya, Spanyol datang ke Piala Dunia dengan kondisi yang pas-pasan dari segi performa. Imbasnya, La Furia Roja kesulitan meraih kemenangan saat menghadapi situasi genting seperti drama adu penalti.

"Yang jelas saya melihat Spanyol datang ke Piala Dunia tidak dalam kondisi terbaik dan bisa dilihat performa terbaik mereka tidak keluar. Kami kesulitan ketika menghadapi tim seperti Rusia dan akhirnya kalah adu penalti," ucap mantan pelatih timnas Spanyol U-21 itu.

Shin Tae-yong, Pelatih Timnas Indonesia

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

Momen Shin Tae-yong (STY) dilempar telur kembali viral dan ramai diungkit warganet jelang pertandingan Timnas Indonesia vs Korea Selatan di perempat final Piala Asia U-23

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024