Piala Presiden 2018 Digelar Januari

Piala Presiden
Sumber :
  • Facebook

VIVA – Teka-teki berlangsungnya Piala Presiden 2018, akhirnya terjawab. Turnamen pramusim Liga 1 2018 itu akan digelar pada Januari 2018. Kepastian digelarnya Piala Presiden 2018 dikonfirmasi langsung Ketua Orginizing Committee Piala Presiden 2018, Berlinton Siahaan.

Juara Baru Lahir di Piala Presiden Esports 2023

Piala Presiden pertama kali digelar pada 2015 lalu. Saat itu, ajang ini bagai oase di tengah carut marut kondisi sepakbola Tanah Air. Persib Bandung jadi tim pertama yang menjuarai gelaran ini.

Kemudian di 2016, Piala Presiden kembali digelar jelang berlangsungnya Liga 1. Raksasa Indonesia lainnya, Arema FC, sukses menyabet gelar kampiun dalam pelaksanaan kedua Piala Presiden. Kini, Piala Presiden akan jadi ajang bagi 18 klub Liga 1 dan dua klub Liga 2, untuk memanaskan mesin jelang kompetisi berlangsung.

Turnamen Esports Diharapkan Beri Kontribusi untuk Perkembangan SDM

Dikatakan Berlinton, pihaknya sudah bertemu langsung dengan Presiden RI, Joko Widodo, guna membahas gelaran Piala Presiden 2018. Atas restu presiden, maka Piala Presiden 2018 akan resmi digelar pada pekan kedua Januari 2018.

"Kebetulan kami tadi sudah menghadap bapak Presiden. Hajatan Piala Presiden akan digelar mulai pekan kedua Januari 2018. Untuk detail dan terperincinya, akan kami umumkan kemudian," kata Berlinton.

Menteri BUMN Erick Thohir Dianggap Layak Pimpin PSSI, Ini Alasannya

Soal kontestan, Piala Presiden 2018 akan diikuti oleh 20 klub. 15 klub adalah tim yang berhasil bertahan di ajang Liga 1. Sementara tiga tim lainnya adalah klub promosi dari Liga 2, Persebaya Surabaya, PSMS Medan, dan PSIS Semarang.

Dua tim lainnya adalah perwakilan dari Liga 2 yakni Martapura FC dan PSPS Riau. Martapura FC dan PSPS diikutsertakan dalam Piala Presiden 2018, dengan menimbang status kedua tim yang berhasil finis di posisi keempat dan kelima Liga 2 2017.

"Dengan rincian, kami akan menguncang 18 klub dari Liga 1 yang terdiri dari 15 klub yang bertahan di musim lalu. Dan, tiga klub yang berstatus promosi," jelasnya.

"Sedangkan dua klub berikutnya adalah Martapura FC dan PSPS Pekanbaru (Riau). Pemilihan kedua klub tersebut, karena pada musim lalu mereka menduduki peringkat keempat dan kelima di babak akhir Liga 2," lanjutnya.

Satu hal yang tak kalah penting dikatakan Berlinton, hingga saat ini pihaknya tengah berupaya menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebagai panggung partai final. Sebab seperti yang diketahui, SUGBK saat ini tengah dalam proses renovasi dalam persiapan menuju Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

"Kami inginnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Saat ini semua tengah kami usahakan," ucap Berlinton.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya