Turnamen Esports Diharapkan Beri Kontribusi untuk Perkembangan SDM

Tenaga Ahli Utama KSP, Agung Harjono
Sumber :
  • Dokumentasi Piala Presiden esports 2023

Bogor – Kejuaraan Piala Presiden Esports 2023 tidak terlepas dari upaya Pemerintah RI dalam memberi ruang bagi SDM generasi muda Indonesia yang kreatif dan berprestasi. Melalui Esports diharapkan generasi muda Indonesia dapat mengasah kreativitas dan meraih prestasi secara nasional maupun global. 

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Melalui inisiatif Kantor Staf Presiden (KSP), Penyelenggara Piala Presiden Esports menggelar kegiatan Esports Next yang merupakan program edukasi sekaligus pemberian bantuan kepada sejumlah sekolah kejuruan yang memiliki relevansi dengan industri kreatif, termasuk dunia esports.

Adanya turnamen Esports dalam negeri, turut membuka kesempatan pengembangan industri olahraga elektronik tersebut di Indonesia, demikian disampaikan Tenaga Ahli Utama KSP, Agung Harjono dalam bincang-bincang jelang Piala Presiden Esports 2023.

Khofifah: Alumni UNAIR Harus Tingkatkan Kualitas SDM untuk Bangun Indonesia

“Ini bagian dari program kinetik untuk promosi, dan memang dari pertandingan atau event ini diharapkan bisa memberikan manfaat untuk pengembangan ekosistem Esports atau digital di Indonesia,” ujar Agung di SMKN 1 Ciomas Bogor, Jawa Barat, Jumat 6 Oktober 2023.

Next Piala Presiden esports 2023

Photo :
  • Dokumentasi Piala Presiden esports 2023
Sosok Pria yang Ikut Terseret Kasus Narkoba Chandrika Chika, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

“Jadi setiap event Esports bisa berkontribusi untuk mengembangkan ekosistem dalam perkembangan SDM. Ini merupakan visi Presiden bagaimana di 2045, di tahun Indonesia Emas, banyak tenaga teknologi informasi yang cukup mumpuni karena ini merupakan pilar daripada kemajuan bangsa,” tambahnya.

Menurut Agung, Esports yang memang banyak menarik minat anak-anak muda, diharapkan bisa membuka ketertarikan bagi mereka untuk ikut terlibat sebagai talenta di dalam ekosistem olahraga tersebut, tentu begitu erat kaitannya dengan teknologi dan multimedia. Beberapa aspek di antaranya adalah animasi, pemrograman, pengembangan gim hingga penyiaran.

“Sehingga ada sebagian dari pendapatan atau paling enggak dari event itu yang dikontribusikan untuk pengembangan ekosistem, khususnya pengembangan di dalam SDM-nya, SDM bidang animasi, SDM bidang programming, SDM bidang game developer,” ungkap Agung.

Lebih lanjut dijelaskan, SMK multimedia yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang untuk berkarya dan belajar di sekolah, diharapkan juga bisa mendukung sisi teknis dan kemampuan nonteknis seperti kerja sama tim, komunikasi dan kreativitas.

“Kontribusi dari kegiatan esports diharapkan memberikan bantuan untuk lebih memperkuat fasilitas pembelajaran tadi. Untuk bisa lebih baik atau lebih lengkap lagi, sehingga siswa nanti bisa lebih berkiprah lagi di dalam dunia industri digital dan industri game,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya