Conte Ungkap Kunci Sukses Pelatih Hebat Italia

Para pemain Chelsea rayakan gelar Premier League bersama Antonio Conte.
Sumber :
  • Reuters / Carl Recine

VIVA.co.id – Manajer-pelatih Chelsea, Antonio Conte, memaparkan kesuksesan seorang pelatih ditentukan oleh kemampuan mereka mengendalikan kamar ganti para pemain. Prinsip yang terus dia pegang hingga kini.

5 Klub Sepakbola Terpopuler di Dunia, Ada Real Madrid?

Tak hanya itu, dia juga tidak akan mentolerir siapapun yang berbuat kesalahan. Ini demi menjaga stabilitas tim dan kehormatan pelatih di mata para pemainnya.

Conte masuk daftar pelatih top Eropa saat ini setelah dia berhasil membawa Chelsea juara Premier League 2017. Sebelumnya, dia juga berhasil membawa Juventus juara beberapa kali.

Diwarnai Kartu Merah, Ini 5 Fakta Chelsea Singkirkan Leicester City di Piala FA

"Seorang pelatih harus memegang kendali penuh di kamar ganti pemain," tegas Conte seperti dilansir Soccerway, Jumat 28 Juli 2017.

"Jika saya hanya ketat ke pemain muda, bukan pemain senior, maka saya akan kehilangan rasa hormat dari para pemain. Saya kadang bahkan lebih menuntut ke para pemain senior," katanya.

Gol Bunuh Diri yang Aneh dari Bek Chelsea

Conte menambahkan, hal ini didapatkannya saat masih bermain. Semua pelatih hebat Italia melakukan hal yang sama. Sesuatu yang ditirunya saat menjadi pelatih.

"Saat saya masih bermain, Marcello Lippi, Giovanni Trapattoni, Carlo Ancelotti, Arrigo Sacchi, semua pelatih saya selalu memegang penuh kendali di kamar ganti," katanya.

"Seorang pelatih harus siap 'mati' jika gagal melakukan ini. Jika gagal mengontrol kamar ganti para pemain, seorang pelatih lebih baik segera mempersiapkan kematiannya," katanya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya