Jepang & China Bersaing Tuan Rumah PD 2030

Trofi Piala Dunia
Sumber :
  • Astsports

VIVAnews -Jepang tidak akan patah arang untuk terus memburu hak menjadi tuan rumah Piala Dunia. Setelah gagal di Piala Dunia 2022, negeri Matahari Terbit itu akan mencoba di Piala Dunia 2030, meski harus bersaing dengan China.

"Tidak diragukan lagi China akan menjadi pesaing kami untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030," ujar Kuniya Daini, wakil presiden Asosiasi Sepakbola Jepang (JFA).

Sebelumnya, Wei Di -- ketua Asosiasi Sepakbola China -- mengatakan negaranya akan mencoba sekuat tenaga menghadirkan Piala Dunia 2030 ke Negeri Tirai Bambu.

Jepang menghabiskan US$100 juta untuk membiayai pencalonan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022, sembilan kali lebih sedikit dari yang dilakukan saat bersaing menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002 bersama Korea Selatan.

China, dengan pertumbuhan ekonomi luar biasa, memiliki dana lebih banyak lagi untuk membiayai kampanye pencalonan dirinya.

Sesuai peraturan FIFA, Asia baru bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia pada 2030. Pengamat sepakbola Asia memperkirakan Jepang dan Cina akan bersaing keras. Australia kemungkinan menjadi underdogs.

"Jika kami gagal menjadi tuan rumah 2030, mungkin kami harus menunggu sampai 2050," ujar Daini.

Diani juga mengatakan dirinya terkejut FIFA memilih Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Qatar, katanya, memiliki iklim yang tak mendukung dan laga akan menjadi sangat sulit. (Goal/irv)

Shin Tae-yong: Percaya dan Ikuti Saya, Kita Akan ke Final
Fuji

Disebut Hard Gumay Bakal Berjodoh dengan Mayor Teddy, Fuji: Aneh Banget Sumpah!

Hard Gumay turun tangan untuk membuat ramalan terkait urusan asmara adik ipar Vanessa Angel tersebut. Konon, Fuji diprediksi bakal menjadi pasangan hidupnya Mayor Teddy.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024