Diunggulkan, Portugal Memilih Merendah

Skuad tim nasional Portugal.
Sumber :
  • REUTERS/Eddie Keogh

VIVAbola – Pelatih timnas Portugal, Paulo Bento, mengingatkan anak asuhnya untuk tetap rendah hati dan tidak memandang lawan mereka di perempat final Kejuaraan Eropa 2012, Republik Ceko dengan sebelah mata. Di atas kertas, Seleccao Das Quinas memang jauh diunggulkan dari Tomas Rosicky cs.

“Kami tak akan terlalu senang. Kami puas dan bangga atas apa yang telah kami lakukan dan kami mempunyai waktu untuk merayakannya. Dari situ kami mulai mempersiapkan apa yang akan terjadi nanti,” ujar mantan pelatih Sporting Lisbon tersebut.

“Di pertandingan nanti, kami akan melihat apa yang lawan kami lakukan dan kami akan mencoba mengeksploitasi kelemahan Ceko tanpa meremehkan mereka,” papar Bento dilansir situs resmi UEFA.

Bento kerap dikritik karena banyak pihak menganggap jika taktik yang diterapkannya selama ini berpusat pada permainan Cristiano Ronaldo. Meski sukses lolos ke perempat final, Ronaldo cs sempat kalah oleh Jerman di pertandingan awal Grup B.

Tapi Bento tetap bersikeras jika ia tak akan mengubah taktiknya demi menyenangkan banyak orang.

“Saya tak akan mengubah taktik saya, bahkan di saat-saat yang sulit. Yang harus kami lakukan saat ini adalah tetap fokus untuk menghadapi pertandingan melawan Ceko.”

Ia juga tak akan kecewa jika nantinya Portugal kalah dari Ceko, dengan tegas ia mengatakan tetap akan memberikan selamat ke sang lawan seperti yang dilakukannya ketika kalah dari Jerman.

“Meski kami tahu kami tak pantas kalah, tapi saya harus mengucapkan selamat kepada pemenang. Tapi keinginan terbesar saya adalah kebahagiaan dan keceriaan warga Portugal seusai pertandingan, semoga kami bisa memenangi pertandingan ini.” (eh)

Babak I: Portugal 2 Kali Bobol Gawang Belgia
Megabintang Portugal, Cristiano Ronaldo rayakan gol

Ronaldo Sumbang Gol, Portugal Taklukkan Belgia

Gol balasan Belgia berawal dari umpan kakak-beradik.

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2016