LIVE MATCH: Babak I ManCity Rapuh Setelah Ditinggal Kompany

Gareth Bale mencetak gol ke gawang ManCity dalam semifinal Liga Champions.
Sumber :
  • Reuters / Paul Hanna

VIVA.co.id – Real Madrid sementara unggul 1-0 atas Manchester City, dalam babak pertama leg kedua semifinal Liga Champions di Santiago Bernabeu, Kamis dini hari 5 Mei 2016. Gareth Bale mencetak gol di menit 19, hanya sembilan menit setelah Victor Kompany ditarik keluar karena cedera di menit 10.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

Manchester City bermain cukup disiplin pada menit awal. Fernando sukses merebut bola dari Gareth Bale di lini tengah, memberikan umpan bagi Sergio Aguero di menit ketujuh. Bola dialirkan pada Kevin De Bruyne, yang sayangnya tidak bisa melanjutkan alur serangan.

Pukulan bagi kubu Manuel Pellegrini terjadi pada menit 10, dengan cederanya sang kapten. Victor Kompany mengalami masalah, setelah memberikan umpan jauh ke depan. Posisinya digantikan oleh Eliaquim Mangala. Tidak adanya Kompany, dapat membuat Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale leluasa di kotak penalti Manchester City.

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Tiga menit kemudian, kekhawatiran atas hilangnya Kompany terbukti. Dani Carvajal melepaskan umpan silang, yang segera disambut Ronaldo dengan sundulan. Kesempatan bagus yang belum menjadi gol, namun memperlihatkan rapuhnya pertahanan Manchester City, setelah dtinggalkan oleh Kompany.

Enam menit berlalu dan terjadilah gol dari Gareth Bale. Bukan dari sundulan, namun Bale benar-benar bergerak bebas melalui posisi yang ditinggalkan Kompany. Striker asal Wales, itu membawa bola dari luar ke dalam kotak penalti, lalu melepaskan tendangan dari sisi kiri gawang Joe Hart, yang bersarang ke pojok kanan di menit 19.

Juergen Klopp: Juara Premier League Butuh Keberuntungan

Jurnalis Mirror di Spanyol,Ed Malyon, sebelum pertandingan menyarankan Manchester City, untuk mengeksplotasi beberapa kelamahan Real Madrid. Di antaranya sayap kanan, yang kerap terbuka karena agresivitas Marcelo membantu serangan. Sayang, Manchester City tidak melakukannya.

Sepuluh menit pertama, rentannya sisi kiri Real Madrid, sempat dirasakan Manchester City. Namun, kubu Pellegrini tidak berusaha terus mengeksploitasinya, dan lebih banyak melakukan serangan dari sektor tengah. Hasilnya, alur serangan mereka selalu mudah dipatahkan oleh kubu Zinedine Zidane.

Tanpa Kompany, lini belakang City seperti kehilangan koordinasi, dalam menjaga para pemain Real Madrid. Ronaldo dan Isco berkali-kali sukses menembus dari sisi kiri. Sementara, Bale di kanan menunggu bek tengah City berbuat kesalahan, dan siap melakukan terobosan mematikan, seperti proses terjadinya gol petama Madrid.

Kartu kuning pertama diterima Kevin De Bruyne pada menit 30. Gelandang serang internasional Belgia, itu terlihat frustrasi sehingga melakukan pelanggaran yang tak perlu terhadap Marcelo. Di menit 36, wasit menganulir gol Pepe, karena bek Real Madrid itu lebih dahulu offside dalam kotak penalti Manchester City.

Sejak menit 10, Real Madrid terlihat seperti klub raksasa, yang jauh lebih superior dari lawannya. Walau juga berstatus sebagai klub kaya, Manchester City seperti tidak berdaya menahan serangan Real Madrid. Bahkan Marcelo yang berposisi sebagai bek, bebas melepaskan tendangan ke gawang Joe Hart.

Peluang terbaik Manchester City di babak pertama, terjadi pada menit 43. Jesus Navas memberi umpan pada De Bruyne, memberikannya pada Fernandinho, yang kemudian melepaskan tendangan keras tapi melenceng ke sisi kanan gawang Keylor Navas.

Saksikan Live Match Pertandingan melalui tautan ini. Berikut susunan pemain kedua tim:

Real Madrid: Keylor Navas, Pepe, Sergio Ramos, Toni Kroos, Gareth Bale, Cristiano Ronaldo, Marcelo, Dani Carvajal, Luka Modric, Jese, Isco.

Manchester City: Joe Hart, Gael Clichy, Nicolas Otamendi, Bacary Sagna, Vincent Kompany, Fernando, Fernandinho, Kevin De Bruyne, Jesus Navas, Yaya Toure, Sergio Aguero.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya