Inilah Rapor Pemain MU Rekrutan Van Gaal

Selebrasi juara Manchester United bersama trofi Piala FA
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Louis van Gaal sudah resmi dipecat oleh manajemen MU pada Senin kemarin. Padahal pria Belanda itu baru saja memberikan gelar Piala FA yang ke-12 setelah mengalahkan Crystal Palace dengan skor 2-1.

Hadapi MU, Atletico Madrid Tak Mau Terkecoh dengan Magis Ronaldo

Tak hanya itu, sisa kontrak pria Belanda di Old Trafford itu masih satu musim lagi. Tetapi, nampaknya manajemen MU sudah kehabisan kesabaran karena The Red Devils gagal lolos ke Liga Champions musim depan.

Seperti dilansir Mirror, selama dua musim menjadi bos MU, Van Gaal telah menghabiskan dana tidak kurang dari £250 juta untuk merekrut pemain, dengan Angel Di Maria menjadi rekrutan termahal dengan £59,7 juta saat ditarik dari Real Madrid. Namun, mantan manajer timnas Belanda itu belum bisa memberikan prestasi yang signifikan.

Manchester United Diganggu COVID-19 Jelang Lawan Atletico Madrid

Berikut adalah rapor dari para pemain rekrutan MU selama diasuh oleh Van Gaal.

Ander Herrera - £29 juta

Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United

Pria Spanyol ini diproyeksi menjadi pemain andalan di lini tengah mengingat permainan apiknya bersama Athletic Bilbao sebelum ditarik MU. Namun, ternyata dirinya lebih banyak menghangatkan bangku cadangan saat bersama MU. Sejauh ini, dia baru bermain selama 36 pertandingan bersama The Red Devils dan mencetak 13 gol.

Nilai: 6/10

Marcos Rojo - £16 juta

Pemain Argentina ini didatangkan pada deadline transfer musim panas 2014 dari Sporting Lisbon. Dia datang ke Old Trafford dengan harapan tinggi setelah berhasil ke partai puncak Piala Dunia 2014 bersama Argentina. Namun, di Old Trafford, dirinya kalah bersaing dengan Luke Shaw dan lebih banyak cedera ketika bersama MU.

Nilai: 5.5/10

Victor Valdes - Bebas Transfer

Mantan kiper utama Barcelona ini datang setelah dirinya tidak mempunyai klub karena kontraknya tidak diperpanjang oleh Barca di musim terakhirnya. Kondisinya di Old Trafford diperparah karena konflik dengan Van Gaal hingga akhirnya dia dipinjamkan ke klub Belgia, Standard Liege. Selama berkarir di MU, Valdes hanya membuat satu penampilan.

Nilai: 3.5/10

Memphis Depay - £25 juta

Didatangkan ke Old Trafford setelah membawa PSV Eindhoven keluar sebagai juara Eredivisie sekaligus top skor liga, membuat harapan tinggi dilekatkan kepadanya. Menampilkan gaya permainan yang mirip Cristiano Ronaldo dan sama-sama memakai nomor punggung 7, Memphis malah kedodoran dan tidak sanggup mengikuti gaya permainan di Inggris. Dia kalah bersaing dengan Anthony Martial dan hanya menjadi starter sebanyak 16 pertandingan dengan torehan dua gol.

Nilai: 4/10

Matteo Darmian - £12.7 juta

Pemain Italia ini datang ke Manchester United setelah berhasil menampilkan performa menawan bersama Torino. Dirinya memang menjadi andalan di sektor bek kanan, namun lebih banyak berkutat dengan cedera. Bermain dalam 28 pertandingan di liga dan mencetak satu gol.

Nilai: 6/10

Bastian Schweinsteiger - £14.4 juta

Membawa Jerman keluar sebagai juara dunia tidak lantas membuat permainan Schweinsteiger membaik. Dia gagal mereplika penampilan terbaiknya karena lebih banyak berkutat dengan cedera. Selama di Old Trafford, dia hanya bermain sebanyak 18 pertandingan di Premier League dan mencetak satu gol.

Nilai: 5/10

Morgan Schneiderlin - £25 juta

MU harus membayar mahal untuk menebus gelandang bertahan ini dari Southampton pada awal musim 2015. Tetapi, pemain ini merasa kesulitan menampilkan performa terbaik selama berseragam The Red Devils. Dia hanya menjadi starter sebanyak 25 kali dan masih kalah bersaing dengan Michael Carrick.

Nilai: 6/10

Angel Di Maria - £59.7 juta

Inilah kegagalan terbesar Van Gaal dalam mendatangkan pemain. Ditebus dengan harga mahal dari Real Madrid, Di Maria awalnya bisa bermain dengan baik. Tetapi, ternyata dia tidak bisa mengikuti gaya permainan di Inggris dan hanya bertahan satu musim bersama MU. Hanya tampil sebagai starter sebanyak 20 penampilan selama di Old Trafford.

Nilai: 3/10

Falcao - Pinjam

Dipinjam dari AS Monaco pada deadline transfer musim panas 2014, Falcao datang dengan reputasi sebagai penyerang haus gol. Namun, seketika semua itu hancur dengan penampilannya yang merosot bersama MU. Dia tampil sebanyak 26 pertandingan yang separuhnya dimulai dari bangku cadangan dengan torehan 4 gol.

Nilai: 2/10

Luke Shaw - £27 juta

Mantan pemain Southampton ini datang dengan rekor pemain muda termahal di Premier League. Tetapi, dia dapat menampilkan performa menawan setiap kali diturunkan. Andai saja, dia tidak mendapatkan cedera parah saat melawan PSV Eindhoven di Liga Champions, mungkin dia sudah menyegel posisi bek kiri dalam skuat MU.

Nilai: 7/10

Daley Blind - £13.8 juta

Dia adalah contoh sukses pemain Belanda yang berkarir di Inggris. Diboyong dari Ajax Amsterdam setelah membawa Belanda finis di peringkat ketiga pada Piala Dunia 2014, Blind menjadi pemain andalan di sektor pertahanan. Dia telah bermain sebanyak 60 pertandingan di liga bersama MU dan mencetak 3 gol.

Nilai: 7/10

Sergio Romero - Bebas Transfer

Sempat menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang MU karena masalah transfer David De Gea. Pemain Argentina ini menampilkan performa yang cukup baik dan menjadi pilihan kedua yang sangat kompeten ketika dibutuhkan. Bermain sebanyak 10 pertandingan di semua kompetisi bersama The Red Devils.

Nilai: 5.5/10

Anthony Martial - £36 juta

Bisa dibilang inilah transfer tersukses LVG selama di MU. Mendatangkan pemain muda yang belum dikenal dengan harga mahal, membuat berbagai pihak bingung. Namun, Martial memberikan jawaban dengan performa apiknya selama berkostum MU. Dia menjadi pilihan utama di posisi sayap kiri dan berhasil mencetak 17 gol di musim debutnya.

Nilai: 9/10

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya