Menang Tipis, Barcelona Gagal Pimpin La Liga

Striker Barcelona, Lionel Messi
Sumber :
  • Reuters / Clodagh Kilcoyne

VIVA.co.id – Barcelona bisa meraih kemenangan saat bertamu ke markas Athletic Bilbao, Senin dini hari 29 Agustus 2016. Namun, skor tipis 0-1 tidak cukup untuk membuat tim Luis Enrique duduk di puncak klasemen sementara La Liga. Mereka harus puas ada di tempat kedua, karena Las Palmas sukses pesta gol di pertandingan lainnya.

Barcelona Kembali ke Jalan yang Benar, Terbiasa Cetak 4 Gol

Satu-satunya gol kemenangan Barcelona dicetak oleh Ivan Rakitic pada menit 21, memanfaatkan umpan dari Arda Turan. Seperti telah diduga, Barcelona bermain lebih superior dengan menekan sejak awal pertandingan.

Arda Turan menceploskan bola ke gawang Athletic Bilbao di menit keenam. Namun, wasit menyatakan tidak ada gol, karena Luis Suarez berada dalam posisi offside. Insiden di menit 13, seolah menjawab pertanyaan, mengapa Pep Guardiola memilih Claudio Bravo untuk diboyong ke Manchester City.

Legenda Real Madrid Paco Gento Tutup Usia

Sebelumnya, dia selalu dikaitkan dengan Marc-Andre ter Stegen. Kiper Jerman, itu membuat blunder, yang memberikan kesempatan sangat bagus bagi Benat. Sayang, Atheltic gagal unggul lebih dulu. Dua menit kemudian Ter Stegen kembali melakukan kesalahan.

Dia memberikan operan yang buruk pada Busquets, sehingga dapat dengan mudah dicuri oleh Benat. Tapi, tendangannya mengarah tepat ke Ter Stegen. Menit ke 17, Inaki Williams dua kali mengancam pertahanan Barca dari sayap kiri. Namun, tetap Barcelona yang bisa unggul lebih dahulu, dengan gol Ivan Rakitic di menit 21.

10 Pemain Barcelona Bakal Ditendang, Banyak Nama Bintang

Turan yang sempat digosipkan bakal dijual Barca, melepaskan umpan silang yang bisa diterima Rakitic dengan baik, untuk diteruskan menjadi gol. jelang berakhirnya babak pertama, Turan hampir menambah keunggulan Barcelona.

Serangan dilakukan dengan sangat baik, dibangun mulai dari Ter Stegen hingga Luis Suarez, yang melepaskan umpan sempurna pada Turan, hanya untuk disia-siakan dengan tendangannya yang menyimpang dari gawang.

Luis Suarez yang difavoritkan bakal mencetak gol, justru gagal bersinar dengan pengawalan ketat Laporte di sepanjang pertandingan. Peluang terbaiknya hampir terjadi pada menit 61, dan Laporte sukses memotong umpan dari Lionel Messi kepada striker asal Uruguay itu.

Baru 20 menit kemudian, Suarez sukses mengelabui pengawalnya. Mantan bintang Liverpool, itu berhasil melewati Laporte, tapi tendangannya malah melebar dari gawang Athtletic Bilbao. Laga pagi ini, juga tidak memberi nasib baik bagi Messi, yang seperti tak mampu melepas tembakan akurat ke arah gawang.

Lima menit sebelum laga berakhir, para pemain Atheltic Bilbao berusaha keras mendapatkan gol penyeimbang, dan mampu mengurung pertahanan Barcelona. Benat melakukan usaha yang brilian, untuk membawa bola ke dalam jantung pertahanan Barca. Sayang, penyelesaian akhirnya justru melebar.

Athletic Bilbao punya kesempatan menyamakan kedudukan, saat Iker Muniain yang masuk menggantikan Susaeta di menit 76, dijatuhkan oleh Rakitic dalam kotak penalti pada menit 89,. Namun, wasit berpihak pada Barcelona, dan menolak memberikan penalti.

Wasit Antonio Mateu justru memberikan kartu kuning bagi Balenziaga, karena melakukan protes atas keputusannya. Tidak ada gol lagi tercipta, hingga tambahan waktu tiga menit berakhir. Pertandingan ditutup dengan kegagalan Suarez lagi di menit 93.

Barcelona harus puas di posisi kedua klasemen sementara La Liga, karena di laga lainnya Las Palmas meraih kemenangan besar 5-1 atas Granada. Tim yang baru memperoleh promosi ke La Liga di akhir musim 2014/2015, itu ada di puncak dengan keunggulan selisih gol.

Susunan Pemain:

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto, Gerard Pique, Samuel Umtiti (Javier Mascherano, 71), Jordi Alba; Busquets, Ivan Rakitic, Denis Suarez (Andre Gomes, 71); Lionel Messi, Luis Suarez, Arda Turan (Rafinha, 84)

Athletic Bilbao: Iraizoz, Balenziaga, Boveda, Laporte, Susaeta (Iker Muniain, 76), Benat, Iturraspe (Mikel Vesga, 62), De Marcos, Eraso (Raul Garcia, 62), Artiz Aduriz, Inaki Williams.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya