TUTUP
TUTUP
VIVABOLA

Tren Buruk Thailand Jadi Kabar Baik Bagi Timnas Indonesia?

Indonesia akan menghadapi Teerasil Dangda cs di laga pembuka Piala AFF
Tren Buruk Thailand Jadi Kabar Baik Bagi Timnas Indonesia?
Timnas Indonesia saat melawan Thailand (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

VIVA.co.id – Jelang bergulirnya perhelatan Piala AFF 2016 pada pertengahan November mendatang, sejumlah persiapan pun terus dilakoni para kontestan yang akan berlaga. Jika Indonesia mampu menuai hasil sekali kemenangan 3-0 atas Malaysia dan mengimbangi Vietnam 2-2 dalam laga uji coba, lalu bagaimana dengan tim tangguh Thailand?

Skuat Negeri Gajah Putih selama ini memang menjadi batu sandungan bagi Yim Garuda di ajang bergengsi Asia Tenggara ini. Kiprahnya pun selalu menghadirkan momok bagi penggawa Merah Putih.

Namun, meski telah langganan berstatus tim unggulan dalam turnamen 2 tahunan itu, tampaknya perjalanan armada besutan bomber legendaris Kiatisuk Senamuang itu tak begitu mulus.

Tercatat, Teerasil Dangda cs telah mengalami 5 kali kekalahan beruntun. Thailand yang melakukan duel persahabatan pada akhir Agustus lalu kontra Qatar di Doha, tak berkutik menghadapi perlawanan tuan rumah dan kalah 3 gol tanpa balas. 

Tren buruk itu pun berlanjut dalam 4 partai Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2018. Takluk 0-1 dari Saudi Arabia, dilumat Jepang 0-2, lalu tak berdaya meladeni Uni Emirat Arab 1-3 serta yang terakhir menyerah 0-4 dari Irak. Itu menempatkan mereka di posisi juru kunci dalam urutan tabel klasemen.

Berikutnya, dalam laga uji coba Thailand akan menjamu Iran pada 9 November 2016 dan kedatangan Australia, lima hari setelahnya. 

Lantas, apakah tren buruk ini akan dapat dimanfaatkan oleh Indonesia? Mengingat Boaz Solossa cs akan menjadi lawan pertama Thailand dalam laga pembuka Grup A Piala AFF di Filipina. Bukan cuma itu, dalam rangking dunia yang dilansir FIFA edisi 15 September 2016, peringkat Thailand pun mengalami penurunan dari urutan 120 menjadi ke 135.

Sulit memang untuk memprediksi hal tersebut, terlebih lagi lawan-lawan yang mengalahkan Thailand merupakan barisan tim dari kekuatan klasik benua Asia. Tapi, semoga saja bisa menjadi motivasi armada Alfred Riedl bahwa tim Negeri Gajah Putih tidak dalam kondisi kepercayaan diri tinggi.

Hasil 5 laga terakhir tim nasional Thailand:

25 Ags 2016    Qatar   3-0   Thailand  (Persahabatan)    

2 Sept 2016    Saudi Arabia  1-0 Thailand  (Kualifikasi Piala Dunia 2018)    

6 Sep 2016    Thailand    0-2 Jepang  (Kualifikasi Piala Dunia 2018)    

06 Okt 2016    UAE  3-1  Thailand  (Kualifikasi Piala Dunia 2018)

11 Okt 2016    Iraq  4-0  Thailand  (Kualifikasi Piala Dunia 2018)
(one)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP