Bayangkan Bila Messi Meringkuk di Penjara

Megabintang Barcelona, Lionel Messi
Sumber :
  • Reuters / Susana Vera

VIVA.co.id – Pernahkah anda membayangkan Lionel Messi meringkuk di penjara? Bintang klub Barcelona itu telah divonis bersalah kasus pajak dengan hukuman penjara 21 bulan dan denda €2 juta atau setara Rp29 miliar.

Terpopuler: Sindiran Suporter Bali United, Media Asing Puji Indonesia

Presiden klub Barcelona, Josep Maria Bartomeu telah menghubungi keluarga Messi guna memberikan dukungan. Klub menyatakan siap memback up kasus hukum yang menjerat pemain bernomor punggung sepuluh itu.

"Klub menegaskan untuk senantiasa memberikan dukungan kepada Messi dan ayahnya, Jorge Messi, serta keluarganya," kata Juru Bicara Barca, Josep Vives, seperti dilansir FC Barcelona, Kamis 25 Mei 2017.

Lionel Messi dan Sergio Busquets Bikin Gol, Inter Miami Amankan Puncak Klasemen

"Klub akan terus berdiri bersama Messi, ayah, dan keluarganya."

Seperti diketahui, Megabintang Barcelona, Lionel Messi tetap harus menghadapi vonis 21 bulan penjara akibat kasus penggelapan pajak. Banding yang diajukan La Pulga ditolak oleh Mahkamah Agung Spanyol.

Lionel Messi Butuh Bantuan 'Orang Dalam' untuk Tampil di Piala Dunia Antarklub 2025

Messi dinyatakan bersalah, akibat tidak membayar pajak sebesar €4,1 juta pada 2007, 2008, dan 2009. Pemain 29 tahun ini dijatuhi hukuman 21 bulan penjara dan denda €2 juta.

Tak hanya Messi, ayahnya Jorge juga mangkir dari kewajiban membayar pajak. Jorge dijatuhi denda €1,3 juta. Hukuman penjara Jorge dari 21 bulan dikurangi menjadi 15 bulan karena kerjasama yang baik dalam kasus ini.

Mahkamah Agung Spanyol menolak banding yang diajukan Messi. Mereka menilai tak seharusnya seorang bintang seperti Messi mangkir dari kewajiban membayar pajak.

"Tak pantas melihat seseorang dengan penghasilan besar melupakan kewajiban membayar pajak," demikian bunyi pernyataan Mahkamah Agung Spanyol, seperti dilansir Goal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya