iPhone 5 Muncul, Pasar Android Diprediksi Turun

iPhone 5
Sumber :
  • REUTERS/Beck Diefenbach

VIVAnews -Kehadiran sejumlah smartphone unggulan dalam beberapa bulan terakhir memberikan warna kompetisi posel cerdas di belahan dunia. Hanya empat bulan setelah Samsung Galaxy III pada bulan Mei, Apple mengeluarkan smartphone terbaru, iPhone 5.

Dengan kemunculan iPhone 5 seberapa jauh mempengaruhi pasar smartphone Android? Sebuah riset dari AYTM bekerjasama dengan Mashable menghasilkan beberapa temuan menarik.

Secara umum, iPhone 5 menjadi harapan smartphone berikutnya, baik bagi pengguna iPhone maupun smartphone Android.

Data riset berbasis pada survei terhadap 600 orang Amerika yang berumur 18 tahun lebih. Mereka ditanya tentang rencana pembelian smartphone dalam enam bulan ke depan.

Ini beberapa temuannya:

Dari 73 persen orang yang saat ini memiliki smartphone akan membeli smartphone baru dalam 6 bulan ke depan. Angka 73 persen tersebut terdiri
dari 40 persen pengguna smartphone Android, 23 persen pengguna Apple, 5 persen pengguna BlackBerry, 3 persen pengguna Windows Phone, dan 2 persen pengguna ponsel lain.

Sebanyak 40 persen penguna smartphone Android saat ini, 73 persen di antaranya akan berencana membeli smartphone Android baru dalam enam bulan ke depan. Sedangkan 22 persen mengaku akan membeli iPhone.

Sementara itu, dari 23 persen pemilik iPhone saat ini, 87 persen masih setia menjadi fanboy dengan tetap berencana akan membeli iPhone terbaru dalam jangka 6 bulan ke depan. Sementara hanya 9 persen pengguna iPhone yang berencana ingin membeli smartphone berbasis Android.

Hasil tersebut menunjukkan bahwa pemilik smartphone Android saat ini 2,4 kali lebih cenderung beralih ke iPhone daripada kembali ke Android.

Dengan mempertimbangkan rencana pembelian smartphone baru dalam enam bulan ke depan, pangsa pasar Android diperkirakan akan menurun 5 digit dari 54 persen pangsa pasar saat ini menjadi 49 persen dalam 6 bulan ke depan. Sementara pangsa pasar Apple akan berbalik naik dari 31 persen saat ini menjadi 39 persen dalam satu semester ke depan.

Sementara itu, tiga dari empat pengguna atau 75 persen pemilik iPhone semua versi saat ini berencana untuk memperbaharui dengan membeli iPhone 5 dalam enam bulan ke depan. Sedangkan pemilik iPhone 4S saat ini, 78 persen berencana untuk memperbaharui perangkat mereka dengan iPhone 5 dalam enam bulan ke depan.

Riset tersebut juga mencatat bahwa pengguna iPhone perempuan lebih cenderung 2,7 kali untuk tetap pada versi iPhone yang telah mereka miliki, dibandingkan beli iPhone versi terbaru.

Indonesia Vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, Arab Saudi Tersingkir

Sedangkan untuk distribusi perangkat iPhone, tiap versi mengalami penurunan sejak setahun terakhir ini. Distribusi iPhone versi original pada September 2011 yaitu 3,9 persen, namun dalam setahun distribusi berubah menjadi 2,9 persen. iPhone versi 3G setahun lalu 19,3 persen kini menjadi 6,6 persen, iPhone versi 3G dari 28,2 persen tahun lalu menjadi 16,2 persen.  Serta iPhone 4 dari 48,6 persen menjadi 50,7 persen dan distribusi iPhone 4S kini 23,5 persen.

Riset ini juga mengantisipasi perkembangan smartphone ke depan. Pembelian iPhone diperkirakan akan meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan rencana pembelian smartphone Android.

Polisi bekuk pelaku begal yang bacok siswa SMP di Depok

Begal di Depok Nekat Beraksi Siang Bolong demi Beli Sabu

Begal itu menyasar pelajar dan perempuan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024