CEO Ini Harus Rela Gajinya Dipotong Lebih dari Setengah

CEO eBay, John Donahoe.
Sumber :
  • REUTERS
VIVAnews
Terungkap, Kisah Tentang Cincin Nikah Rizky Febian dan Mahalini
- Perusahaan lelang online (daring), eBay, memangkas gaji bosnya sampai lebih dari separuh. Sunat gaji ini harus dialami John Donahoe sebagai Kepala Eksekutif Korporat (CEO) lantaran kondisi keuangan perusahaan yang dia kelola tidak sesuai target.

Ditawari Jadi BA, Raffi Ahmad Justru Buat Produk Sendiri Setelah Lihat Peluangnya

Menurut stasiun berita
Wawancara dengan Al Jazeera, Prabowo Beberkan Alasan Mendesaknya Program Makan Siang-Susu Gratis
BBC , Donahoe "hanya" terima gaji US$13,8 juta untuk tahun 2013. Padahal, tahun sebelumnya, dia terima jauh lebih banyak, yaitu US$29,7 juta. Artinya, gaji dia terpotong 53 persen.

Secara rinci, gaji pokok Donahoe sebenarnya naik 2 persen. Tapi tunjangan yang dia terima turun banyak.


Sebenarnya, kinerja Danohoe sebagai CEO tidak terlalu buruk. Tapi kinerja keuangan perusahaan tidak sepenuhnya sesuai harapan. Maka Danohoe harus merelakan gajinya dipangkas separuh lebih.


"Komite perusahaan berkesimpulan kinerja keuangan perusahaan pada 2013 dan posisinya melawan kompetitor pada awal 2014 tidak sepenuhnya sesuai harapan," tulis eBay dalam pernyataan temu pemegang saham Senin kemarin.


Pada kuartal terakhir tahun lalu, eBay telah mencatat pendapatan sekitar US$ 850 juta, meningkat 13 persen, sayangnya pencapaian itu belum memenuhi harapan perusaaan.


Selain terkait kondisi keuangan perusahaan, pemangkasan gaji bos eBay itu juga di tengah kemelut yang melanda perusahaan lelang online itu.


Desakan Investor

Menurut
Financial Times
, muncul desakan dari salah satu pemegang saham, Carl Icahn, agar eBay membentuk divisi baru pada PayPal,layanan sistem pembayaran yang telah diakuisisi eBay senilai US$ 1,5 miliar pada 2002 silam.


Icahn, yang hanya memegang saham 2 persen di eBay, mengklaim bahwa, di bawah pengelolaan eBay, kinerja PayPal melambat dibanding saat masih mandiri.


Sedangkan versi lain yang disebutkan BBC, PayPal telah berkontribusi sebagai pendorong utama eBay. Layanan pembayaran online itu meningkatkan jumlah konsumen agar beralih ke belanja online dan meningkatkan penggunaan layanan pembayaran online itu.


PayPal bahkan disebutkan menyumbang hampir 40 persen dari total pendapatan eBay.


Icahn mendesak dewan direktur untuk segera memilih kandidat eksekutif yang diajukannya. Sedangkan dewan direksi eBay menjelaskan tidak mendukung kandidat yang diajukan oleh Icahn. (umi)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya