Rute Perluasan Ganjil Genap Jakarta Hadir di Google Maps

Google Maps.
Sumber :
  • Twitter/@Google_IDN

VIVA – Guna mendukung kelancaran pelaksanaan Asian Games 2018, pemerintah memperluas kebijakan ganjil genap di jalan arteri DKI Jakarta yang sudah dimulai pada 2 Juli 2018. Berkaitan dengan perluasan ganjil genap tersebut, publik dapat memanfaatkan Google Maps untuk mengetahui rute alternatif bagi kendaraan yang terkena program tersebut.

Lacak Nomor HP dengan 4 Cara, Terakhir Bisa Cek Tarif Tol

Semula kebijakan ganjil genap hanya berlaku di tiga ruas jalan arteri, tapi kini pemerintah memperluas kebijakan menjadi sepuluh ruas jalan arteri. Waktu ganjil genap juga diubah menjadi 06.00, sampai 21.00, termasuk hari libur Sabtu dan Minggu.

Fitur ganjil genap yang disediakan Google Maps merupakan hasil kerja sama Badan Pengelola Transportasi Jakarta (BPTJ) dengan manajemen Google. Kepala BPJT, Bambang Prihartono mengajak manajemen Google untuk berpartisipasi mendukung kebijakan ganjil genap.

Cek Tarif Tol Lewat Google Maps, Pastikan Saldo Cukup

Google Maps saat ini telah menyediakan fitur rute alternatif yang bisa dimanfaatkan masyarakat karena adanya kebijakan tersebut. Dengan fitur tersebut masyarakat juga akan lebih cepat hafal wilayah yang terdampak ganjil genap, sehingga mereka bisa lebih cepat beradaptasi.

"Pemerintah tetap mendorong pengguna kendaraan pribadi beralih ke angkutan umum, namun pada prinsipnya pemerintah berusaha untuk melayani publik sebaik-baiknya. Termasuk bagaimana cara pemerintah mendorong perusahaan seperti Google untuk berpartisipasi," ujar Bambang dalam keterangan resminya, Kamis 12 Juli 2018.

5 Aplikasi Teman Mudik Lebaran

Pengguna akan mendapat informasi mengenai rute atau jalur yang terdampak ganjil genap. Selain itu Google Maps juga akan memberi informasi waktu tempuh jika harus melalui rute alternatif.

Ganjil genap tidak hanya menjadi kebijakan satu-satunya untuk mendukung Asian Games 2018, ada tiga kebijakan lain yang diterapkan pemerintah, yaitu manajemen rekayasa lalu lintas, penyedia angkutan umum, dan pengaturan lalu lintas angkutan barang. (ren)

Google Maps di Android Auto

Segera Hadir Fitur Baru untuk Pengguna Mobil Listrik

Google menyiapkan fitur baru pada aplikasi Google Maps untuk para pemilik mobil listrik.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024