Cara Menikmati Ramadhan Bersama Google

Google Play
Sumber :
  • Google Indonesia

Jakarta – Bulan suci Ramadhan telah memasuki hari ketiga dan lebih dari satu miliar umat Islam di seluruh dunia sedang merayakannya dengan berpuasa dan menjalankan ibadah lainnya. Di tengah beragamnya tradisi dan kebiasaan masyarakat, kamu bisa menikmati Ramadhan dengan Google yang memberikan berbagai informasi berguna dan membuat pengalaman dalam berpuasa semakin berwarna.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Dalam setahun terakhir, minat masyarakat terhadap Ramadhan, Idul Fitri, dan mudik pun bermacam-macam, mulai dari mencari ceramah singkat tentang Ramadhan hingga menyiapkan resep makanan untuk buka puasa dan sahur. Google membantu pengguna menemukan informasi dengan mudah, baik itu tentang kuliner, persiapan mudik, hingga aktivitas Ramadhan lainnya. Berikut ini beberapa cara sederhana untuk menikmati Ramadhan dengan bantuan Google. 

1. Berbelanja Lebih Mudah dengan Google Lens

7 Rahasia Google

Google Lens

Photo :
  • Google Indonesia

Dengan bantuan Google Lens, kamu bisa dengan mudah mencari dan menemukan barang-barang dekorasi rumah atau makanan lezat untuk buka puasa. Cukup ambil foto atau tangkapan layar, lalu Google Lens akan menampilkan hasil pencarian yang relevan.

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

2. Mencari Resep Buka Puasa dan Sahur dengan Google Search

Google Search

Photo :
  • Google Indonesia

Ramadhan tidak akan lengkap tanpa hidangan lezat untuk buka puasa dan sahur. Google membantu kamu menemukan berbagai resep dari seluruh dunia dengan mudah. Cukup ketikkan nama hidangan yang diinginkan di Google Search, dan kamu akan menemukan berbagai resep untuk dicoba.

3. Merencanakan Mudik yang Lebih Baik dengan Google Maps

Google Maps

Photo :
  • Google Indonesia

Bagi yang merencanakan mudik, Google Maps menyediakan berbagai informasi perjalanan. Misalnya lokasi fasilitas temporer dan permanen yang relevan seperti masjid, tempat istirahat, toilet, SPBU, dan bengkel kendaraan; tempat pengisian bahan bakar listrik (EV charging stations), harga tol, hingga fitur yang memungkinkan kamu untuk menambahkan beberapa poin tujuan. Dalam beberapa waktu menjelang mudik, Maps akan menampilkan informasi seputar rekayasa lalu lintas. 

4. Mencari Informasi Ibadah Lebih Mudah dengan Qibla Finder

Qibla Finder di Google Search

Photo :
  • Google Indonesia

Dengan bantuan Qibla Finder, kamu bisa menemukan arah kiblat di mana pun kamu berada. Google juga menyediakan informasi tentang waktu sholat, buka puasa, dan sahur, serta video seputar Ramadhan di Google Search.

5. Mencari Aplikasi Mengisi Waktu Luang dengan Google Play

Google Play

Photo :
  • Google Indonesia

Selain itu, Anda juga bisa mencari aplikasi yang memiliki resep pilihan, main game asyik, nonton film seru, ngedit video pas ngabuburit, hingga eksplor takjil berbuka - semua ada di sorotan game dan aplikasi di Google Play. 

Sebagai informasi tambahan, inisiatif #IniRamadhanKita dari Google juga menyatukan dua idola ikonik, Nasida Ria dan JKT48 dalam kolaborasi, untuk memberikan keceriaan dan semangat Ramadhan kepada masyarakat. Dalam kolaborasi tersebut, Nasida Ria x JKT48 menyanyikan lagu  "Ini Ramadan Kita". 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya