7 Cara agar Tidur Tetap Terjaga saat Bulan Puasa

Ilustrasi mengantuk.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno – Saat bulan Ramadhan, para umat Muslim harus melaksanakan sahur untuk menjalani puasa selama 1 bulan. Terkadang perubahan waktu makan tersebut juga membuat waktu tidur menjadi cukup berantakan di bulan puasa. Hal itu lantaran ada yang bisa tidur lagi sesudah sahur dan ada juga yang bablas bangun sampai waktunya tidur malam. 

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Lantas, bagaimana agar waktu tidur tetap terjaga selama bulan puasa saat harus bangun sahur? Untuk tetap terjaga saat bulan puasa, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan seperti berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Pilih makanan yang tepat

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Ilustrasi sedang makanan.

Photo :
  • Pexels/Rachel Claire

Selama bulan puasa kamu bisa makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein dapat membantu menjaga energi tubuh sepanjang hari. Makanan yang tinggi gula dan karbohidrat sederhana akan memberikan energi yang cepat habis dan membuat kamu mudah mengantuk.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

2. Hindari konsumsi kafein

Kopi hitam tanpa kafein

Photo :
  • Eat This

Menghindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh dapat membantu kamu menghindari rasa kantuk. Kafein dapat membuat kamu sulit tidur di malam hari, yang dapat mempengaruhi produktivitas kamu di siang hari.

3. Lakukan aktivitas fisik

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.

Photo :
  • Freepik/svetlanasokolova

Berolahraga ringan seperti berjalan atau yoga dapat membantu meningkatkan energi dan mengurangi rasa kantuk. Namun, disarankan untuk tidak berolahraga saat terik matahari untuk menghindari dehidrasi.

4. Tidur siang

Ilustrasi tidur siang

Photo :
  • U-Report

Jika kamu merasa sangat lelah, tidur siang selama 20-30 menit dapat membantu meningkatkan kewaspadaan dan produktivitas.

5. Tetap terhidrasi

Ilustrasi wanita minum air putih.

Photo :
  • U-Report

Pastikan kamu minum cukup air selama waktu berbuka dan sahur untuk menghindari dehidrasi. Kurangnya cairan dalam tubuh dapat membuat kamu mudah mengantuk dan tidak fokus.

6. Kurangi penggunaan gadget

Ilustrasi anak main gadget.

Photo :
  • Pexels/Ron Lach

Penggunaan gadget dapat membuat mata dan otak lelah, sehingga mempengaruhi kemampuan kamu untuk tetap terjaga. Hindari menggunakan gadget setidaknya satu jam sebelum tidur dan saat bangun tidur di pagi hari.

7. Kelola stres

Ilustrasi stres

Photo :
  • Times of India

Stres dapat rupanya mempengaruhi kualitas tidur kamu. Cobalah untuk mengurangi stres dengan cara melakukan meditasi atau yoga yang dapat membuat kamu lebih santai dan rileks. 

Dengan sejumlah tips di atas, semoga kamu dapat membantu menjaga kewaspadaan dan tetap terjaga selama bulan Ramadhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya