Facebook Tuntut Penyedia Jasa 'Like' Palsu

Facebook
Sumber :
  • REUTERS/Thomas Hodel

VIVAnews - Facebook baru-baru ini telah berjanji untuk 'membersihkan' lamannya dari para penipu yang menyediakan 'like' palsu. Tidak tanggung-tanggung, tuntutan Facebook mencapai US$2 miliar.

Facebook akan melayangkan gugatannya kepada siapa saja yang menjual jasa 'Like' palsu kepada perusahaan. Saat ini Facebook melihat, banyak perusahaan yang bersedia membeli layanan 'like' sebanyak-banyaknya, untuk mengesankan produk atau merek mereka populer di mata masyarakat.

Dilansir melalui BBC, Selasa 7 Oktober 2014, Facebook mengatakan jika pola pemalsuan 'like' seperti ini lebih banyak mudaratnya ketimbang manfaat. Artinya, perusahaan akan mengalami banyak kerugian di mata konsumen, khususnya bagi konsumennya di jejaring sosial.

"Kami memiliki keinginan dan rencana yang kuat untuk secara agresif menghilangkan Like palsu itu. Pasalnya, bisnis maupun personal yang menggunakan platform kita menginginkan hubungan dan hasil yang asli, tidak palsu," tulis Matt Jones, Site Integrity Engineer Facebook, dalam catatan resmi di jejaring sosial tersebut.

Catatan yang bertajuk 'Keeping Facebook Activity Authentic' ini dijelaskan, banyak jasa yang menawarkan 10.000 Likes hanya dengan beberapa puluh dolar saja. Ini sangat tidak asli.

"Untuk menciptakan Like palsu itu, para penipu menciptakan akun-akun palsu. Atau dalam kasus yang lain, mereka kadang meretas akun asli milik orang lain. Aksi peretasan akun itu dilakukan dengan menyusupi bot yang bisa mengirim spam untuk me-like page tertentu di Facebook," jelasnya.

Menurut Jones, aksi ini dilakukan dengan motivasi bisnis, untuk mendapatkan uang tentu saja. Sehingga jejaring sosial itu akan mengambil langkah agar aksi tersebut tidak menguntungkan lagi.

Caranya, selain melakukan tuntutan hukum, Facebook juga akan membenahi sistem-nya dengan menerapkan algoritma anti-spam baru yang lebih rumit.

Kendala Cuaca Tak Surutkan Semangat Pos IND Bagikan Bansos PKH dan Sembako di Batam

Dalam catatan tersebut, Jones juga memberikan link berupa tips yang bisa dilakukan pengguna untuk menghilangkan malware di Facebook. Tips ini berpotensi mencegah akun pengguna menjadi sarang spam Like.

Honda Freed bekas

Daftar Harga Mobil Bekas Honda Freed Masih Rp 100 Jutaan, Cocok Buat Keluarga

Honda Freed menjadi salah satu mobil bekas yang banyak diminati karena harganya yang murah, dan bisa mengangkut banyak penumpang. Kini harga bekasnya masih Rp 100 jutaan

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024