Trik Membedakan Kain Tenun Buatan Tangan dan Mesin

Kain tenun Anna Mariana
Sumber :
  • Bimo Aria/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Kain tenun merupakan salah satu kain tradisional yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Dan berdasarkan proses pembuatannya, kain ini ada dua jenis, yakni buatan tangan dan mesin.

Amanda Eyklima Perkenalkan Kain Tenun Suku Baduy di Mongolia

Kain tenun dengan menggunakan mesin lebih cepat proses pembuatannya. Namun, ini menyebabkan kualitas dan harganya tidak sebaik dan semahal kain tenun buatan tangan.

Anna Mariana, seorang desainer kain tenun yang juga pengrajin kain tenun mengatakan bahwa cara mengenali kain tenun yang dibuat tangan dan dicetak menggunakan mesin bagi seorang pecinta kain tenun akan mudah dilakukan. Tapi bagi masyarakat awam, butuh sedikit kejelian untuk mengenalinya.

Mantap, Sarung Tenun Samarinda Dibeli Hj Iriana Jokowi dan Hj Wury Ma'ruf Amin

"Kalau mungkin banyak orang seperti saya sudah lama bergelut di dunia kain, dan juga kita mendesain dan memproduksi, kasat mata sudah tahu, kalau namanya handmade, itu dua sisi," katanya di Jakarta, Rabu, 7 September 2016.

Dia menjelaskan bahwa tenun buatan tangan memiliki motif yang sama di kedua sisi, baik dalam maupun luar. Benang tenunannya pun terkesan timbul.

Kerjasama dengan Pemerintah Provinsi NTT, Ivan Gunawan Hadirkan Keindahan Kain Sotis

Sedangkan, untuk tenun menggunakan mesin, biasanya motif hanya pada satu sisi saja dan permukaan kainnya pun polos, tidak timbul seperti kain yang ditenun dengan proses tradisional oleh para pengrajin.

"Tapi kalau buatan mesin hanya satu sisi, baliknya polos, tidak ada benang yang timbul," kata dia.

Koleksi Mamuli Sumba by Ghea Panggabean.

Dipamerkan di NYFW, Koleksi Mamuli Sumba Dipersembahkan untuk Para Penenun Wanita

Koleksi menakjubkan dengan judul "MAMULI SUMBA," adalah sebuah tribut terhadap kekuatan dan ketahanan wanita-wanita penenun Sumba, yang menenun cerita dan warisan mereka.

img_title
VIVA.co.id
9 Oktober 2023