Dipamerkan di NYFW, Koleksi Mamuli Sumba Dipersembahkan untuk Para Penenun Wanita

Koleksi Mamuli Sumba by Ghea Panggabean.
Sumber :
  • Ghea Panggabean

NEW YORKDesainer terkemuka Ghea Panggabean, telah mempersembahkan karya terbarunya di New York Fashion Week (NYFW) 2023/2024 pada 13 September 2023 lalu di New York Springs Studios. 

Polisi Berhasil Gagalkan Penyelundupan 24 WNI ke Malaysia Secara Ilegal

Koleksi menakjubkan dengan judul "MAMULI SUMBA," adalah sebuah tribut terhadap kekuatan dan ketahanan wanita-wanita penenun Sumba, yang menenun cerita dan warisan mereka ke dalam setiap kain dengan sepenuh hati. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Mengambil inspirasi dari kain-kain warisan di pulau Sumba, koleksi "MAMULI SUMBA" karya Ghea Panggabean merefleksikan esensi dari kain-kain tersebut, yang telah diwariskan dari generasi melalui karya penenun-penenun wanita Sumba.

Selain Luncurkan Single Baru, Penyanyi Cilik Evolette Alexandra Bakal Tampil di New York

Koleksi Ghea ini dengan apik menyatukan warna-warna khas Sumba dengan motif yang unik, yang melekat pada Kain Tenun Sumba seperti warna terracotta dan indigo. Kain Tenun Sumba yang digunakan adalah kain Songket Pahikung dan Tenun Hinggi.

Mahasiswa Yahudi Ketakutan usai Demo Anti-Israel Merebak di Kampus-kampus New York

Selimut dan selendang dari tenun Ikat Sumba ditampilkan sebagai aksen yang anggun hingga tas-tas yang  terbuat dari tenunan. Koleksi ini menampilkan juga beragam setelan busana lebih kekinian dengan teknik print dan bordir di atas bahan-bahan yang ringan untuk dipadukan mix and match dengan tenun asli dan aksesoris Sumba yang sangat dikenal yaitu Mamuli sebagai Inspirasi Thema Show. 

Reaksi yang diterima pada NYFW disambut dengan baik sekali oleh para penonton saat itu. Harapan Ghea adalah agar mendapatkan Market di USA melalui keikutsertaannya Setelah peragaan busana pada NYFW, Ghea juga menampilkan koleksi Sumba yang lebih eksklusif pada acara Indonesian Nite di KBRI Washington DC pada 15 September 2023 yang diprakarsai oleh istri Duta Besar, Tugek Ayu Rosan sebagai bentuk Fashion Diplomacy dan dihadiri oleh para istri para duta besar mancanegara. 

Koleksi yang ditampilkan oleh Ghea Panggabean ini sekali lagi adalah menterjemahkan Warisan Budaya menjadi Fashion. Translating Heritage into Fashion #melestarikan budaya bersama Ghea di dunia yang seringkali melupakan akarnya, "MAMULI SUMBA" menjadi representasi simbolis dari wanita-wanita Sumba sebagai pemberi kehidupan dan kekuatan. 

"MAMULI," sebuah hiasan Sumba yang dihargai, melambangkan nilai-nilai ini dan memiliki tempat yang signifikan dalam pertukaran hadiah seremonial sebagai objek warisan yang berharga. Dengan koleksi ini, Ghea Panggabean menyajikan penghormatan tulus kepada semangat Sumba, wanita-wanitanya dan keahlian yang dianyam dalam tekstilnya.

Saat para model melangkah di atas catwalk pada acara NYFW, mereka mewakili esensi Sumba, di mana cerita-cerita kuno bersinergi dengan harmonis dengan irama modern. Aspirasi Ghea Panggabean adalah agar warisan Sumba berkembang melalui peragaan ini, menginspirasi para desainer, petualang, dan para pemimpi untuk mencari benang yang menghubungkan kita semua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya