Pelembab Aman untuk Si Kulit Sensitif

Ilustrasi wanita dengan keriput.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Memiliki kulit sensitif memang serba salah. Apalagi pemilihan kosmetik yang tidak tepat bisa menimbulkan iritasi dan kerusakan kulit.

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

Salah satu kendala yang sering dialami si kulit sensitif adalah sulitnya menemukan pelembap yang cocok untuk jenis kulit ini. Ada beberapa tahap yang harus diperhatikan ketika memilih pelembap bagi kulit sensitif.

Langkah pertama yaitu tidak boleh asal mencoba produk sebab akan membuat kulit semakin bereaksi. Kemudian, langkah selanjutnya yaitu dengan melihat kandungan pada labelnya.

Terkuak, Ini Identitas Mayat Perempuan dengan Wajah Hancur di Dermaga Pulau Pari

"Kulit sensitif itu harus bisa memilih produk pelembap yang memiliki fragnance (parfum) yang minimal. Karena kalau terlalu besar kandungannya di suatu produk, bisa membuat si kulit sensitif jadi iritasi," ujar spesialis kulit, dr. Nur Dalilah spKK, pada VIVA.co.id, Senin 26 September 2016.

Dokter yang bekerja di Ultimo Aesthetic and Dental Center Jakarta ini menambahkan agar melihat produk dengan kandungan hipoalergik. Hal tersebut, dikatakannya, akan mampu menghindari kulit dari reaksi iritasi.

Biar Aman dan Terpercaya, 5 Faktor Ini Wajib Dipertimbangkan saat Pilih Klinik Kecantikan

"Kalau tadi fregnance-nya harus minimal, sekarang produk itu harus punya kandungan hipoalergik. Karena dengan begitu tidak akan memicu suatu reaksi iritasi saat dipakai," tambahnya.

Terlebih, Dalilah percaya bahwa pemakaian make-up yang terlalu berlebih pada si kulit sensitif akan memicu serangan jerawat, iritasi kulit hingga proses penuaan dini. Untuk itu, disarankan juga merawat kulit dengan pembersih wajah sebelum tidur.

"Untuk mereka yang suka pakai make-up tebal, disarankan gunakan pembersih yang memiliki kandungan susu. Tapi kalau hanya sekedar menggunakan bedak tabur di wajahnya, pembersih biasa tanpa kandungan susu, boleh," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya