Trik Jitu Usir Komedo dengan Bahan Alami

Ilustrasi baking soda.
Sumber :
  • Pixabay/evitaochel

VIVA.co.id – Memiliki wajah mulus dan bebas masalah kulit adalah dambaan semua orang, terutama kaum Hawa. Karena itu, banyak yang rela mengeluarkan biaya untuk melakukan perawatan khusus demi menjaga dan mempercantik penampilan mereka.

5 Cara Menghilangkan Komedo Tanpa Dipencet, Rajin Pakai Scrub

Salah satu masalah yang dapat mempengaruhi penampilan adalah komedo. Namun dibanding melakukan facial atau perawatan dengan produk kimia, Anda dapat melakukan perawatan secara alami dan tanpa rasa sakit.

Dan berikut ini trik jitu yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan bahan alami untuk menyingkirkan komedo di wajah, seperti dilansir dari Times of India.

5 Manfaat Ajaib Buah Pisang untuk Kecantikan Kulit dan Rambut Wanita

Baking soda

Selain dapat mengatasi jerawat, baking soda juga bisa digunakan untuk mengatasi komedo. Caranya, campur satu sendok makan baking soda dengan dua sendok makan air.

Masih Malas Double Cleansing? Ini 4 Bahayanya yang Wajib Kamu Tahu!

Setelah itu, oleskan pasta ini selama sekitar 15-20 menit, dan cuci dengan air hangat. Baking soda adalah eksfoliator alami, dan sifat antibakterinya dapat terjadinya iritasi dan infeksi.

Bubuk kayu manis

Bahan ini bisa digunakan untuk mencegah sekaligus menghilangkan komedo. Mulailah dengan mencampur satu sendok makan bubuk kayu manis dan jus lemon. Anda juga bisa menambahkan sedikit bubuk kunyit untuk itu.

Oleskan pasta ini ke wajah Anda selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air biasa. Kayu manis membantu mengencangkan pori-pori dan memperbaiki sirkulasi darah, sedangkan jus lemon memiliki sifat antibakteri yang membantu melawan jerawat, komedo hitam dan putih.

Putih telur

Ini adalah bahan yang supermudah dan efektif. Caranya, campur putih telur dengan satu sendok makan madu.

Oleskan campuran di wajah Anda dan biarkan hingga kering, lalu cuci dengan air. Putih telur membantu mengencangkan pori-pori, dan menghilangkan komedo. Madu memberi nutrisi serta melembutkan dan membuat kenyal kulit.

Tomat

Anda hanya perlu mengoleskan pasta tomat di daerah yang berkomedo sebelum tidur dan bilas keesokan paginya. Tomat juga memiliki sifat antibakteri yang dapat mengeringkan komedo dan sebagai eksfoliator yang hebat, dan sifat asamnya membantu mengecilkan pori-pori.

Teh Hijau

Saat dioleskan di wajah, antioksidan yang terkandung membantu menghilangkan kotoran, dan membersihkan komedo. Caranya, mencampur satu sendok makan daun teh hijau kering dengan air hingga menjadi pasta kental. Oleskan selama sekitar 15-20 menit di daerah yang berkomedo dan bilas dengan air hangat. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya