Pesan Menkes untuk Pemudik agar Bugar Selama Perjalanan

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenkes

VIVA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Purwakarta dan Dinas Kesehatan Subang mendirikan dua unit pos kesehatan. Pos ini akan menjadi pos kesehatan percontohan yang memenuhi standar dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi para pemudik.

Biaya Hidup di Jakarta Makin Mahal, Pengamat: Pemudik Tidak Lagi Bawa Keluarga

Pos tersebut berukuran 6x6 meter yang berdiri di atas lahan 8x8 meter yang ditempatkan di rest area KM 88A Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) dan rest area KM 101B Tol Cikampek-Palimanan(Cipali). Pelayanan yang diberikan berupa pengobatan umum, pelayanan kesehatan tradisional, pelayanan kegawatdaruratan dan pelayanan transportasi rujukan medis.

Pos kesehatan juga memberikan pelayanan promosi kesehatan dan pencegahan seperti penyediaan informasi kesehatan dan pemeriksaan tekanan darah. Dinkes Purwakarta dan Dinkes Subang bertanggung jawab atas operasional pos kesehatan ini.

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

"Isu kesehatan tidak mengenal libur. Kesiapsiagaan sudah menjadi SOP dalam masa apapun. Demikian pula pada masa cuti bersama dan libur Lebaran, pelayanan kesehatan tetap berjalan seperi biasa,” kata Menteri Kesehatan Nila F Moeloek saat meninjau pos kesehatan di KM 88 tol Cipularang, Kamis 7 Juni 2018.

Lewat rilis yang dikirimkan Kemenkes RI pada VIVA, Nila juga menjelaskan, ada empat hal yang menjadi potensi masalah saat mudik, yakni kecelakaan lalu lintas, pemudik sakit, pengemudi tidak fit, dan kurang paham kesehatan. Untuk Mengatasinya, pihak Kemenkes telah menyiapkan fasilitas kesehatan, pos kesehatan, Public Safety Center (PSC) 119 di sepanjang jalur mudik-balik, terminal, bandara, pelabuhan, rest area, dan tempat wisata.

Jumlah Pemudik Lebaran 2024 Capai 193,6 juta, Airlangga: Ada Andil Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

Selain itu, Nila juga mengimbau pemudik agar tetap menjaga konsumsi makanan selama hari raya, seperti membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak (GGL), berperilaku hidup bersih dan sehat di hari raya, konsumsi sayur dan buah, serta tetap jaga kebugaran dengan rutin melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari.

Didirikannya pos kesehatan di jalur mudik merupakan bentuk upaya sektor kesehatan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan langsung kepada para pemudik pada saat hari Raya Idul Fitri 1439 H. Diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan pos kesehatan ini untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan nyaman. (mus)

Menhub Budi Karya Sumadi.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi resmi menutup Posko Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2024. 242 juta pemudik pun bergerak pada momen tersebut.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024