Kenali Empat Pemicu Bau Mulut

sikat gigi
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Pernahkah lawan bicara menutup hidung ketika Anda tengah berbicara? Bisa jadi mereka melakukan hal tersebut guna menghindari bau yang keluar dari mulut Anda.

Airlangga Bantah Golkar dan PAN Rebutan Jatah Menteri ESDM di Kabinet Prabowo

Ya, halitosis atau bau mulut memang bisa menyerang siapa saja, tanpa kecuali. Ini karena gigi merupakan tempat paling kotor di antara bagian tubuh lainnya dan tempat bersarangnya mikroorganisme yang bisa memunculkan masalah kesehatan mulut.

Menurut drg. Cipthadi Oka Binarta, M. Biomed dari Universitas Trisakti,  selain merupakan bakat, bau mulut juga disebakan karena sulfur yang tinggi dalam mulut. "Riwayat karies gigi juga dapat menjadi penyebabnya," ujar Cipthadi saat ditemui di Senayan City, Jakarta.

Berikut adalah faktor-faktor lain yang bisa memicu bau mulut.

- Sering menyikat gigi
Menyikat gigi yang baik dilakukan setiap pagi (bangun tidur) dan menjelang malam (akan tidur). Akan berbahaya ketika Anda terlalu sering menyikat gigi karena dapat merusak enamel dan lapisan permukaan gigi sehingga memicu gigi berlubang dan akhirnya memunculkan bau mulut.

- Sering menggunakan obat kumur
Tak banyak tahu bahaya di balik seringnya menggunakan obat kumur. Penggunaan obat kumur yang baik adalah obat kumur yang tidak memiliki kandungan chlorhexidine. Ini merupakan zat aktif yang terdapat dalam obat kumur. Kalau digunakan dalam jangka panjang dapat menyebabkan karang gigi dan membentuk plak.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Selain mencegah timbulnya kanker juga mencegah mulut kering yang berpotensi memunculkan bau mulut.

- Diabetes
Cipthadi mengatakan para diabetisi--penderita diabetes-- merupakan orang yang sering mengalami masalah bau mulut. Ini karena adanya pembakaran lemak dari dalam tubuh.

Datang ke Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini, Verrell Bramasta Didoakan Cepet Nyusul

"Selain pembakaran lemak, kadar gula yang tinggi menyebabkan penyerapan kalsium yang diambil dari gigi. Alhasil gigi menjadi goyang dan mudah terkikis," katanya.

- Sinusitis
Sedikit yang mengetahui kalau peradangan di rongga sinus atau polip dapat menyebabkan bau mulut. Kondisi ini disebabkan karena adanya infeksi pada rongga kepala di sekitar hidung dapat membengkak. Ketika hal ini terjadi, maka dapat terjadi penyumbatan -- akibat abses atau nanah--.

Pelatih Al Ain Hernan Crespo dan Pelatih Yokohama F Marinos, Harry Kewell.

Final Liga Champions Asia: Tim Besutan Harry Kewell Tundukkan Hernan Crespo

Final Liga Champions Asia 2023/24 berlangsung menarik. Laga ini mempertemukan dua mantan bintang dunia, Hernan Crespo dan Harry Kewell.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024