Mengenal Penyakit Malena dan Penyebabnya

Foto ilustrasi.
Sumber :
  • healthcarecompliance.us

VIVA.co.id - Di dunia ini, banyak sekali ragam penyakit yang kebanyakan orang tidak mengetahui penyebabnya. Salah satunya ketika terjadi gangguan di proses pembuangan yang biasa disebut malena.
 
Menurut dokter Deffy Leksani dari laman Meetdoctor, melena adalah keluhan buang air besar yang berwarna kehitaman.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

“Keadaan ini berhubungan dengan adanya pendarahan di dalam saluran pencernaan bagian atas. Bagian saluran pencernaan atas yang dimaksud, adalah kerongkongan, lambung, atau usus dua belas jari,” ujar sang dokter.

Jika masalah ada di lambung atau usus dua belas jari, maka penyebabnya biasanya adalah ulkus atau luka. Sedangkan kalau pada kerongkongan, biasanya karena pecahnya pembuluh darah balik yang ada di sana, sehingga berhubungan dengan sirosis hati.

Untuk mengetahui dari mana sumber melena datang, dibutuhkan pemeriksaan penunjang selain pemeriksaan darah. Untuk itu, jika ada orang yang mengalaminya, cobalah berkonsultasi kepada dokter yang biasa merawat Anda. Jika perlu, pasien dapat melakukan second opinion terhadap keluhan tersebut agar didapat hasil maksimal. (ase)

Taspen.

Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) menegaskan komitemnnya terus mengoptimalkan peran Srikandi jadi penggerak finansial.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024