Kini Urusan Pemeriksaan Medis Bisa Lewat Online

Stetoskop dokter
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Semakin banyak platform online di bidang kesehatan yang hadir untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan. Salah satunya adalah PesanLab.

AS Janji Hentikan Manipulasi Informasi Rusia Soal Senjata Biologis

Menurut Dimas Prasetyo, Founder dan CEO PesanLab, situs yang sudah berjalan selama satu tahun ini dibuat untuk menjembatani antara pasien dengan laboratorium untuk diagnostik seperti tes darah atau medical check up.

"Ini berawal dari kondisi masyarakat Indonesia yang ingin lebih transparan, lebih terbuka, lebih dapat mengakses, dan lebih mudah ke lab klinik untuk menjaga kesehatan mereka," kata Dimas kepada VIVA.co.id di kantor PesanLab, Jakarta, Rabu, 8 September.

Omicron Merebak, Laboratorium COVID-19 Hadapi Tantangan Besar

Di situs ini pasien tidak hanya dapat memilih laboratorium sesuai dengan keinginan mereka, tapi juga dapat mengetahui harga tes yang ingin dilakukan. Terdapat pula harga paket yang lebih ekonomis bagi pasien.

"Kita juga punya layanan on demand, jadi petugas lab datang ke lokasi pasien di rumah maupun di kantor," imbuh Dimas.

Pertama di Indonesia, IPB Resmikan Laboratorium Uji Anti Virus

Hanya saja untuk layanan ini pasien tidak bisa mendapatkan di hari yang sama. Layanan ke lokasi bisa dilakukan satu hari setelah pendaftaran dilakukan.

Selain itu, hasil dari pemeriksaan pun bisa dikirimkan langsung ke email pasien. Jadi, pasien tidak perlu bolak-balik ke lab hanya untuk mengambil hasil.

"Saat ini kita sudah berpartner dengan sembilan lab besar di Indonesia, seperti Prodia, Biotest, dan Kimia Farma. Jadi masyarakat pilihannya lebih banyak. Semua lab sudah berstandar ISO karena kami juga ingin menjaga kepercayaan dari konsumen," kata Dimas.

Ada tiga pasien yang termasuk dalam layanan PesanLab. Pertama adalah pasien dari dokter yang sudah berkonsultasi dan sudah diberi check list tes apa saja yang harus dilakukan. Kedua korporat untuk para karyawan yang ingin melakukan tes lab. Ketiga adalah pasien umum, atau yang disebut dengan APS (Atas Permintaan Sendiri) yang ingin melakukan berbagai tes seperti tes torch atau medical check up.

"Harapannya kita bisa membantu masyarakat dalam mengakses medical check up, tes darah, maupun cek lab dari segi harga, segi lokasi, yang diinginkan konsumen," kata Dimas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya