Jahe Mampu Atasi Nyeri Haid

Jahe.
Sumber :
  • Pixabay/PDPics

VIVA.co.id – Hangat dan aromanya menyegarkan. Minuman jahe memang cocok dikonsumsi di musim hujan karena memberikan efek hangat yang tahan lama di dalam tubuh. Aroma pedas jahe juga sering digunakan sebagai bahan makanan juga minyak oles untuk menghangatkan tubuh.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Selain digunakan untuk bahan makanan, jahe juga digunakan untuk pengobatan untuk meringankan gejala penyakit seperti mual, dan pusing.

Jahe memang telah lama diketahui mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan. Rimpang yang memiliki nama ilmiah Zingiber officinale ini memiliki senyawa kimia yang dipercaya bisa menimbulkan efek positif di lambung dan usus.

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Tidak hanya itu, senyawa ini mungkin bisa meredam rasa mual dengan cara memberikan efek di otak dan sistem saraf. Berikut lima kondisi yang mungkin efektif jika diatasi dengan mengonsumsi jahe, seperti dilansir dari Boldsky.

Nyeri otot

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Rasa sakit yang Anda alami setelah berolahraga dapat dikurangi jika Anda mengkonsumsi beberapa senti ruas jahe setiap hari.

Infeksi

Jahe mengandung zat yang dikenal sebagai gingerol yang dapat melindungi Anda dari berbagai jenis infeksi. Minum teh jahe jika Anda memiliki infeksi pernafasan.

Batuk

Tumbuk dua senti ruas jahe dan didihkan untuk dubuat teh.  Minum  ini dapat membebaskan Anda dari batuk dan sakit tenggorokan.

Sakit gigi

Jahe mengandung senyawa tertentu yang dapat membantu mengatasi sakit gigi. Rebus sepotong jahe dengan secangkir air. Diamkan hingga mencapai suhu ruang. Lalu berkumurlah hingga beberapa menit.

Hidung tersumbat

Jika Anda menderita hidung tersumbat, mengonsumsi satu sendok jahe tumbuk dan minum secangkir air dapar melegakan hidung Anda.

Ilustrasi lemon dan jahe

Gula darah

Jika Anda penderita diabetes, mengonsumsi 2 gram jahe  bubuk setiap hari akan menjaga tekanan gula darah Anda tetap stabil. Berkonsultasilah dengan dokter sebelum Anda mencoba obat ini.

Nyeri haid

Minum air rebusan jahe beberapa kali dalam sehari dapat membantu dalam mengurangi kram menstruasi dan nyeri haid.

Tingkat kolesterol

Kadar kolesterol tidak sehat dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Mengonsumsi 3 gram bubuk jahe setiap hari juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya