Trik Tetap Semangat Bekerja Meski Kurang Tidur

Ilustrasi bermimpi buruk.
Sumber :
  • Pexels/Unsplash

VIVA.co.id – Tidur bisa menjadi keterampilan yang rumit untuk dikuasai. khususnya di hari libur.

Perjuangan Devano Danendra Bintangi Film Malam Pencabut Nyawa, Sampai Lakukan Hal Ini

Manusia seharusnya secara alami bisa mengatur tidur dengan baik, namun pada kenyataannya tidak selalu begitu.

Maryanne Taylor, seorang konsultan tidur berkualifikasi dari London, Inggris, menjelaskan bagaimana tidur malam yang buruk dapat memengaruhi Anda.

Zaidul Akbar Ungkap Penyakit Bodoh hingga Kecemasan Bisa Hilang di Ramadhan, Gimana Caranya?

"Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan tingkat kewaspadaan, fokus, dan konsentrasi kita menurun," kata Taylor seperti dikutip laman Metro.co.uk.

Selain itu, berkurangnya memori jangka pendek dapat memengaruhi kemampuan untuk mengerjakan pekerjaan kompleks yang kemudian menjalar ke pekerjaan sederhana.

Kurang Tidur Saat Puasa, Bisa Picu Kenaikan Kadar Kolesterol, Kok Bisa?

Taylor melanjutkan, kemampuan Anda untuk merencanakan dan mengkoordinasikan tindakan juga akan terpengaruh. Kurang tidur dapat membuat seseroang kurang aktif dan merasa tidak aman.

Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap dapat menjaga kinerja di kantor ketika kurang tidur di malam hari.

Jangan minum kopi terlalu banyak

Taylor mengatakan, jangan minum minuman berkafein setelah pukul 13.00. Karena, kafein bisa membuat Anda sulit tidur di malam hari. Minuman itu termasuk kopi, teh, minuman soda, dan cokelat.

Sarapan

Tubuh Anda butuh asupan sesuatu untuk melalui pagi. Makanlah sesuatu yang besar dan lezat yang memenuhi syarat kelompok makanan utama.

Bubur dengan buah dan kacang atau telur dengan tomat dan alpukat dalam roti lapis bisa menjadi pilihan yang baik.

Taylor mengatakan, jagalah kadar gula darah Anda dan cairan tubuh Anda sepanjang hari dengan makan teratur. Makan kudapan sehat di antara waktu makan dan banyak minum air putih.

Pergi keluar saat makan siang

Selain mengistirahatkan mata dari layar komputer, mengubah suasana sekitar juga bisa membuat kantuk Amda hilang.

Menurut Taylor, gejala kurang tidur meliputi kecemasan, paranoia, psikosis, energi belebih, agresi, dan halusinasi.

Sudah banyak diketahui kalau olahraga bisa membantu menghilangkan kecemasan dan stres.

Jangan langsung tidur setelah sampai rumah

Meski sangat menggoda, tapi jangan biarkan diri Anda segera terlelap begitu pulang ke rumah. Ketika bangun, Anda akan merasa pening dan haus selama beberapa jam kemudian lalu tidak bisa tidur pada jam di mana seharusnya tidur.

Taylor mengatakan bangun dan tidur di waktu yang sama setiap hari bisa membuat jam tubuh Anda terjaga, sehingga hormon tidur melatonin dapat di produksi di waktu yang tepat.

Siapkan kebutuhan untuk besok

Menurut Taylor, kemampuan Anda untuk merencanakan dan mengkoordinasikan tindakan akan terpengaruh ketika Anda lelah. Kurang tidur akan membuat seseorang terhambat oleh keraguan dan rasa tidak aman.

Tidur lebih awal

Hindari godaan untuk begadang di malam hari. Taylor mengatakan, tindakan masuk akal Anda dan persiapan sepanjang hari akan memberikan Anda istirahat malam yang memuaskan.

Ilustrasi kurang tidur

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya