Gunakan Bra saat Tidur Cegah Payudara Kendur, Benarkah?

Ilustrasi pakaian dalam atau lingerie.
Sumber :
  • Ist/picdaily

VIVA.co.id – Masih banyak spekulasi yang berkembang di antara para wanita mengenai apakah perlu melepas atau tetap mengenakan bra saat tidur. Beberapa wanita merasa tidak nyaman tidur dengan mengenakan bra. Tapi, sebagian lainnya tetap mengenakan bra saat tidur karena menganggap itu bisa mencegah payudara kendur.

Remas Payudara 2 Wanita, Pria di Depok Diamuk Warga

Di kalangan ilmuwan masih ada perdebatan mengenai hal ini. Beberapa peneliti mengatakan, mengenakan bra saat tidur bisa memicu kanker payudara. Beberapa peneliti lain mengatakan, mengenakan bra saat tidur bisa menunda proses payudara mengendur.

Tapi, ada beberapa alasan yang wajib Anda ketahui kenapa harus melepas bra saat tidur seperti dilansir Times of India.

Satu Pegawai Starbucks Perekam Aksi Intip Payudara Konsumen Tersangka

Memengaruhi aliran darah

Bra, khususnya yang memiliki kawat di bagian bawahnya, dapat mempengaruhi sirkulasi darah. Kawat bra juga dapat menekan otot di sekitar area bra dan mempengaruhi sistem saraf. Sementara beberapa jenis bra lainnya, yang terlalu ketat misalnya, dapat melukai jaringan payudara. Karena itu, disarankan untuk melepas bra ketika Anda akan tidur.

Hamil Enam Bulan, Wanita Cantik Ini Simpan Sabu dalam Bra

Iritasi kulit

Ada peluang besar jika Anda mengenakan bra saat tidur, pengait dan tali bra bisa menusuk kulit dan menyebabkan iritasi kulit. Bahkan, jika Anda mengenakan bra dalam waktu yang terlalu lama bisa menyebabkan luka bahkan kista.

Memicu pertumbuhan jamur

Mengenakan bra saat tidur bisa meningkatkan pertumbuhan infeksi jamur karena ada kelembapan yang terjadi di area payudara Anda. Jadi, hindari mengenakan bra dan berikan waktu untuk payudara Anda bisa bernapas.

Mengganggu tidur

Mengenakan bra saat tidur juga bisa menimbulkan kegelisahan. Hal ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan juga mengganggu tidur Anda.

Merusak kulit

Bra biasanya sangat pas di payudara. Jadi, ketika dipakai dalam waktu yang lama dapat menyebabkan pigmentasi, perubahan warna, bintik hitam dan dalam beberapa kasus dapat terjadi ruam kulit.

Jadi, mengingat berbagai efek buruk dari penggunaan bra saat tidur terhadap kesehatan payudara, Anda direkomendasikan untuk melepas bra sebelum tidur. Jika payudara kendur yang menjadi kekhawatiran Anda, ada beberapa olahraga khusus dan terapi yang bisa membuat payudara Anda tetap kencang dan memiliki bentuk ideal. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya