6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Payudara Cepat Kendur

Ilustrasi kanker payudara.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Payudara kendur menjadi satu hal yang ditakuti sebagian besar wanita. Meski begitu, ini merupakan fase yang pasti dialami setiap wanita seiring bertambahnya usia.

Ini 8 Penyebab Payudara Kendur yang Harus Kamu Ketahui

"Ketika kita bertambah tua, kulit kita menjadi berkurang elastisitasnya dan menipis sehingga gravitasi semakin membuatnya mudah turun," ujar Dr Kremer dari Harley Street Aesthetic kepada Glamour seperti dikutip laman The Sun.

Meski payudara yang mengendur dipengaruhi oleh faktor usia, tapi di samping itu ada beberapa kebiasaan yang membuat payudara Anda lebih cepat bergelambir. Berikut ini 6 di antaranya.

Ladies, 5 Kebisaan Sehari-Hari Ini Bisa Buat Payudara Kendur

Tidur tengkurap

Menurut Dr Kremer, kebiasaan ini merupakan penyebab terburuk dari payudara kendur secara dini. Tidur dengan dada tertekan ke kasur hanya akan membuat payudara merenggang dan kehilangan elastisitasnya. Tapi, jika Anda sulit menghilangkan kebiasaan ini, solusinya adalah dengan menempatkan bantal di bawah dada sebagai penyangga.

Remas Payudara 2 Wanita, Pria di Depok Diamuk Warga

Diet gagal

Tidak hanya merusak sistem metabolisme tapi diet yang gagal juga bisa merusak elastisitas payudara. "Setiap kali Anda mengalami kenaikan dan penurunan berat badan, jaringan payudara menjadi malas, mirip seperti celana ketat yang longgar," ujar Kremer.

Latihan kardio intensitas tinggi

Sebagus apapun bra olahraga mampu menyokong payudara, Dr Kremer mengatakan bahwa gerakan maju-mundur yang repetitif yang terjadi saat berlari atau melakukan olahraga serupa bisa menyebabkan pecahnya kolagen payudara.

Meski begitu, bukan berarti wanita harus berhenti berolahraga. Dr Kremer menyarankan untuk mengganti olahraga dengan berenang karena intensitasnya yang rendah. Tapi, Anda tetap harus menggunakan bra olahraga.

Tidak memakai tabir surya

Tidak mengaplikasikan tabir surya pada dada Anda artinya sinar matahari bisa menghancurkan kolagen dan merusak kulit. 

Pakai bra selama 24 jam

Meski masih menjadi perdebatan medis, tapi menurut para peneliti Prancis, menggunakan bra dalam jangka waktu lama bisa melemahkan otot di dada dan menyebabkan payudara menurun.

Kebiasaan merokok

Bukan rahasia lagi kalau rokok dapat melemahkan dan membuat kulit menua dengan menurunkan suplai darah ke permukaan kulit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya