Anggapan Kucing Penyebar Virus Tokso Ternyata Keliru

Kucing peliharaan.
Sumber :
  • instagram.com/catzoniamy

VIVA.co.id – Selama ini beredar anggapan di masyarakat bahwa kucing adalah hewan penyebar virus tokso. Padahal anggapan ini sama sekali salah.

5 Penyakit yang Rentan Menyerang Kucing Peliharaan

Menurut drh Angela Maharani, penyebaran tokso pada kucing dapat dicegah dengan manajemen pemeliharaan yang baik. Alasan kenapa kucing bisa menyebarkan tokso adalah karena makanan yang diberikan.

"Jangan berikan kucing makanan mentah karena makanan mentah adalah asal usul tokso. Tokso itu terdapat di semua bahan mentah, seperti daging atau lalapan bisa masuk tokso plasma," kata drh. Angela saat ditemui VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Di Kanada Peluk Kucing Digaji Rp 100 Juta, Minat Daftar?

Tokso pada kucing bisa terjadi tanpa gejala dan tidak terlihat. Itulah sebabnya tokso baru bisa terdeteksi ketika dilakukan pemeriksaan.

Virus ini menular kepada manusia melalui feses yang dikeluarkan kucing. Oleh sebab itu, kebersihan kucing harus tetap dijaga agar kotorannya tidak menempel pada tubuhnya yang menyebar ke mana-mana.

5 Fakta Penting tentang Penyakit FLUTD pada Kucing

"Dia (tokso) bisa menempel pada bulu kucing kemudian kita elus-elus, dan tanpa cuci tangan kita makan, virus itu bisa termakan," kata drh. Angela.

Anak kucing

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Merawat kucing menjadi tanggung jawab yang besar bagi setiap pemiliknya. Kesehatan dan kesejahteraan hewan peliharaan kita menjadi prioritas utama. Berikut ini tipsnya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024