Menguak Penyebab Sering Mengantuk dan Migrain

Ilustrasi pria tidur mendengkur
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Dalam teori yang berkaitan untuk bertahan hidup, ada tiga rumus yang menentukan kebutuhan paling mendasar pada manusia, yaitu oksigen, minuman, dan makanan.

Ngantuk Usai Jaga TPS, Mobil Petugas KPPS Alami Kecelakaan

Menurut Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS dari Departemen Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB), rata-rata manusia hanya bisa bertahan tiga menit saja tanpa oksigen. Jika lebih dari itu maka risikonya adalah kehilangan nyawa.

"Oksigen memang tidak termasuk zat gizi karena tidak ada dalam makanan dan tidak termasuk dalam membentuk sel. Tapi, untuk tubuh bisa bekerja semua, pasti membutuhkan oksigen," ujar Hardinsyah saat mengisi acara Journalist Goes to Campus di Bogor, Selasa, 22 Agustus 2017.

Mobil Innova Pelat Jakarta Tabrak Tiang Listrik Hingga Roboh di Jambi

Untuk makanan, manusia bisa bertahan hingga tiga minggu tanpa makan. Tapi, hanya bisa bertahan tiga hari saja tanpa air.

Jadi, untuk menjadi sehat, minimal harus mengikuti rumus ini. Termasuk mendapatkan oksigen yang penting untuk tubuh.

Kondisi Bus yang Alami Kecelakaan Maut Hingga Menewaskan Sopir dan Penumpangnya

"Kalau mengalami migrain, bisa karena ventilasinya tidak bagus. Jadi sering mengantuk, juga bisa karena ventilasi tidak bagus, tidak ada oksigen yang masuk," kata Hardinsyah.

Atau, Hardinsyah menambahkan, instrospeksi juga apakah terlalu lama duduk sehingga mengantuk, jadi perlu bergerak sehingga aliran darah dan saraf aktif lagi. Tapi, jika gangguan masih sering terjadi setelah melakukan semua introspeksi ini, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. (one)

Truk peti kemas hantam pembatas jalan

Truk Peti Kemas Kecelakaan Hantam Pembatas Jalan di Kranji, Sopir Ngantuk

Satu unit truk peti kemas kecelakaan di Jalan Jenderal Sudirman, Kranji, Bekasi pada pagi ini. Diduga penyebabnya sopir mengantuk.

img_title
VIVA.co.id
28 Februari 2024