Hidangan Laut Prancis Berbumbu Indonesia

Crispy Skin Cajun Style Tasmanian Salmon
Sumber :
  • Tasya Paramitha/ VIVAlife

VIVAlife - Dalam dunia kuliner, hidangan laut memiliki keistimewaannya sendiri. Selain rasanya yang lezat, para penikmat hidangan laut tidak perlu khawatir karena seafood mengandung protein tinggi, baik untuk kesehatan dan sebagian besar tak mengandung lemak jahat. Proses memasak yang hanya membutuhkan waktu yang singkat, juga membuat hidangan seafood tetap segar saat dinikmati.

Hal-hal tersebutlah yang membuat hidangan laut banyak digemari. Belum lama ini VIVAlife berkesempatan mencicipi hidangan laut yang dimasak dengan mengombinasikan teknik memasak Prancis dan penggunaan bumbu-bumbu khas Indonesia yang merupakan salah satu menu andalan Chef asal Prancis, Patrick Farjas.

Ia merupakan satu dari sepuluh Master Chef Prancis yang bergelar Maitre Cuisinier De France sejak tahun 2000 dan satu-satunya yang berada di Indonesia, sebagai Guest Chef di Restoran Senayan Cafe, Hotel Century Park. Santap siang kali itu dibuka dengan salad yang berisi daun selada, irisan bengkuang dan bawang merah segar kemudian diberi pistachio oil dan air perasan lemon. Rasa asin dan asam sontak memenuhi mulut.

Indonesia Vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, Arab Saudi Tersingkir

Salad Senayan Cafe

Tak lama kemudian piring berisi hidangan utama tersaji di depan mata. Hidangan yang diberi nama Crispy Skin Cajun Style Tasmanian Salmon with Tropical Salsa tersebut terlihat sederhana namun tetap mewah karena teknik penyajian ala Prancis yang cantik dan berseni tinggi. Saat dicicipi, ikan salmon ini memiliki tekstur yang crispy di luar namun daging di dalamnya begitu lembut hingga terasa meleleh di mulut.

Rempah-rempah yang dipakai sebagai bumbu ikan seperti bawang putih, pala, cabai, kayu manis, garam dan merica pun begitu meresap dan tidak terlalu berat di mulut. Sedangkan tropical salsa yang terdiri dari potongan green mango, nanas, tomat, cabai, bawang merah serta bawang bombay yang diberi minyak wijen terasa sangat menyegarkan.

Mendukung Perkembangan Voli Indonesia melalui Kiprah Megawati dan Fun Volleyball 2024

Rasa manis, asam, dan pedas menjadi teman pendamping yang sempurna bagi rasa asin dan gurih dari ikan salmon. Sajian brokoli yang direbus setengah matang sehingga saat dimakan teksturnya crunchy dan rasanya tetap segar.

"Saya memasak hidangan ini dengan bumbu dan bahan-bahan yang tidak terlalu pedas, juga tidak terlalu asam, sehingga menciptakan cita rasa yang balance," ucap Chef yang pernah menjadi Executive Chef Plumed Horse di Saratoga - Bay Area & Olympic Club Lakeside di San Francisco tersebut.

Mantan instruktur Chef di California Culinary Academy ini juga mengatakan bahwa ia sendiri merupakan penggemar masakan pedas dan pecinta masakan lezat. Masakan lezat berarti seluruh bahan serta bumbu masakan yang dipakai tidak berlebihan sehingga menciptakan rasa yang seimbang di mulut. Ketika ditanya alasan memilih salmon sebagai menu andalannya, ia berpendapat ikan tersebut memiliki tekstur yang lembut namun tidak gampang hancur dan rasanya yang cocok untuk di pan fried bersama kulitnya.

"Ikan ini tidak membutuhkan waktu memasak yang lama, dan kulitnya sengaja dibuat agak garing namun tidak berlebihan supaya tidak menghilangkan rasanya," ujarnya.

Selesai melahap hidangan utama, saya kembali disuguhi hidangan lezat lainnya yaitu pisang goreng disajikan dengan parutan kelapa yang telah diberi lelehan gula merah. Dessert ini memang memiliki cita rasa khas Indonesia namun diberi sentuhan Eropa yaitu topping saus coklat dan ceri merah yang menambah kelezatannya.

Pisang Goreng Restoran Senayan Cafe

Bagi Anda yang hobi menikmati hidangan laut, tak usah khawatir karena khusus selama bulan September, Chef Patrick Farjas akan menyajikan menu hidangan laut yaitu "Seafood Sensation" secara eksklusif untuk memanjakan hasrat kuliner bagi pecinta seafood di Jakarta. Selain menu tadi, ada pula dua menu andalan lainnya yaitu Red Snapper Filet with Citus Segment & Olive Oil serta Grilled Duo of Jumbo Prawns & Indonesian Scallops in The Shell with an Orange & Red Chili Reduction.

Restoran Senayan Cafe

Hotel Century Park
Jalan Pintu Satu Senayan
Jakarta 10270
Telp: 021-5712041

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan
Polisi bekuk pelaku begal yang bacok siswa SMP di Depok

Begal di Depok Nekat Beraksi Siang Bolong demi Beli Sabu

Begal itu menyasar pelajar dan perempuan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024