Lima Rempah Bermanfaat Super

Kayu manis
Sumber :

VIVA.co.id – Rempah selalu menjadi bagian penting dalam setiap masakan di Indonesia. Selain menyedapkan makanan rempah ternyata juga memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh.

4 Rempah Bisa Lancarkan Plak di Pembuluh Darah Jantung, Zaidul Akbar: Tapi Ada yang Lebih Penting

Berikut adalah lima rempah yang memiliki manfaat super bagi tubuh seperti dilansir laman Daily Mail.

1. Kayu Manis Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat Allspice: Rempah Jamaika Serbaguna untuk Kesehatan

Menurut penelitian yang diterbitkan di Journal of Neuroimmune Pharmacology, kayu manis dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk belajar. Hal ini dikarenakan kayu manis dapat mengubah perubahan biokimia, selular, dan anatomis yang terjadi di dalam otak seseorang yang memiliki kemampuan belajarnya kurang.

Kayu manis menstimulasi hippocampus, bagian kecil di otak yang bertugas dalam membangun, mengatur, dan menyimpan memori.

10 Manfaat Jahe bagi Kesehatan, Solusi Sembuhkan Berbagai Penyakit

2. Kunyit Pereda Sakit

Di India, pasta kunyit tidak hanya menjadi bahan penting dalam makanan nasional mereka. Tapi, juga digunakan untuk diaplikasikan pada luka untuk mempercepat proses penyembuhan.

Rahasianya terletak pada molekul kunyit yang bernama curcumin, antioksidan ampuh yang mengandung anti peradangan. Curcumin juga diketahui dapat membantu meredakan sakit pada pasien artritis, cedera dan bahkan masalah gigi.

3. Jahe untuk Perut dan Pencernaan

Menurut Dr Marilyn Glenville, seorang ahli nutrisi, jahe dapat berguna bagi wanita yang tengah menjalani trimester pertama kehamilan dan mengalami morning sickness.

"Jahe membantu menormalkan fungsi usus dan perut, terutama di usia awal kehamilan. Meminum teh jahe sambil mengkonsumsi makanan dapat membantu ibu hamil," kata Dr Glenville.

4. Saffron Memperbaiki Mood

Ternyata ada alasan kenapa satu gram saffron lebih mahal dari emas. Ini karena saffron telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Persia sebagai pengubah mood, dan biasanya ditambahkan pada teh atau nasi.

"Ekstrak saffron dapat meningkatkan serotonin, yang merupakan hormon perasaan senang di otak. Saffron tidak hanya meningkatkan mood tapi juga bisa menghentikan kebiasaan ngemil, karena memberikan efek serotonin yang sama seperti biskuit," ujar ahli nutrisi Cassandra Barns.

5. Cabe Rawit untuk Membakar Lemak

Penelitian telah menunjukkan capsaicin, kandungan dalam cabai, dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak.

"Memakan cabai bisa membuat kita berkeringat. Ini yang disebut dengan diet yang diinduksi oleh thermogenesis. Proses inilah yang sangat berguna bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan karena dapat memicu tubuh kita untuk membakar kalori. Capsaicin konstituen aktif inilah yang menciptakan panas dalam tubuh dari makanan yang kita telan,” kata  ahli nutrisi di SuperfooUK.com Shona Wilkinson.

Cabai setelah diteliti ternyata dapat menurunkan nafsu makan. “Penelitian juga membuktikan kalau cabai dapat menurunkan nafsu makan," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya