Wajib Tahu, Tips Menyimpan Keju agar Tahan Lama

Keju.
Sumber :
  • REUTERS/Alexander Demianchuk

VIVA.co.id – Keju kini kian mendunia dan hidangan olahannya pun telah terbukti tak pernah out of trend.

Terpopuler: Waktu yang Tepat untuk Makan Malam, Ini Dia Keju Paling Berbahaya di Dunia

Perlu diketahui bahwa keju memiliki berbagai macam jenis yang bisa dibedakan mulai dari bahan hingga kepadatan. Perbedaan itu membuat keju memiliki tingkat ketahanan yang berbeda pula.

Menyimpannya dengan benar adalah salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keju agar tetap awet dan tahan lama. Berikut tips menyimpan keju yang tepat, seperti dilansir dari laman eatingwell.com.

Ini Dia Keju Paling Berbahaya di Dunia, Sekali Makan Bikin Muntah Hingga Diare Berdarah

-Keju creamy segar seperti ricotta dan keju dari susu kambing lainnya biasanya dibungkus dalam wadah plastik dan ada yang disimpan di dalam plastik tebal. Selagi keju tersebut masih terbungkus dengan baik, maka keju tidak akan kering.

Anda bisa menggunakan plastik khusus untuk membungkus kembali keju yang sudah dibuka.

Resep Sederhana Kue Kastengel yang Harus Dipersiapkan Menjelang Lebaran

-Keju lembut seperti keju Brie dan Camembert sangat cepat basi dan busuk jika tidak 'bernapas'. Oleh karena itu, simpanlah sisa keju di dalam bungkus aslinya (para pembuat keju biasa menggunakan pembungkus yang memungkinkan keju 'bernapas' di dalamnya, dan pembungkus ini lebih baik dari pembungkus yang Anda miliki di rumah).

Anda juga bisa menyimpannya di dalam kontainer yang memiliki lubang udara di bagian atas, atau membiarkan tutup wadah tetap terbuka sedikit.

-Keju semi-lembut dan keju bertekstur keras harus disimpan di dalam kertas lilin lalu dibalut lagi dengan plastik. Cara ini berguna untuk melindungi keju dan sekaligus membiarkannya tetap bernapas. Jika hanya menggunakan plastik, keju akan menjadi rusak dan kehilangan cita rasanya.

Banyak keju yang hanya dijual dan dibungkus dengan plastik dan Anda bisa langsung membungkusnya dengan cara di atas saat membawanya ke rumah.

-Simpan semua keju yang Anda punya di dalam lemari pendingin untuk menjaganya agar tidak kering.

Ilustrasi keju

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya