Bubur Ayam Bali Beda karena Sayur Bayamnya

Bubur ayam khas Bali.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Andalan

VIVA.co.id - Banyak ragam bubur ayam di Nusantara. Umumnya memang berbahan dasar bubur nasi dengan kuah kaldu ayam, tambahan daging ayam yang disuwir-suwir, kacang tanah, seledri, kerupuk, dan lain-lain.

Warung Bubur Ayam Ini Gratiskan Pesanan untuk Pasien COVID-19

Tapi bubur ayam khas Bali berbeda dengan makanan serupa lainnya, meski variasi pokoknya ada juga suwiran daging ayam, taburan kacang tanah ditambah sawi putih. Pembeda utama bubur ayam khas Bali ialah berkuah sayur bayam.

Salah satu warung yang menjual bubur ayam khas Bali adalah Warung Bu Bayu yang terletak di depan Plaza Amata, kompleks wisata Garuda Wisnu Kencana, Kabupaten Badung, Bali. Bu Bayu membuka warungnya setiap hari mulai pukul empat sore sampai sembilan malam. Warungnya tutup hanya saat hari raya umat Hindu.

Catat, Ini Resep Bubur Ayam & Sambal Sehat Ala dr Zaidul Akbar

"Yang membedakan bubur ayam khas Bali dengan bubur ayam pada umumnya di isinya. Bubur ayam Bali hanya berisi ayam suwir dan kuahnya, lalu sayur bayam dicampur kacang tanah dan sawi putih. Dikasih bawang goreng, lalu disajikan," kata Bu Bayu ketika ditemui VIVA.co.id.

Untuk membuatnya, pertama-tama ayam direbus sekira satu jam. Begitu ayam sudah matang, lalu suwir-suwir atau dipotong memanjang. Air bekas rebusan ayam jangan dibuang. Tambahkan bumbu genap (bumbu lengkap) lalu kembali masukkan ayam yang telah dipotong tadi.

Habis Makan Bubur Ayam, Sahrul Jatuh dan Kejang-kejang di Depok

Lalu rebus daun bayam dan sawi putih. Beri bumbu genap, masukkan kacang tanah yang telah dihaluskan, lalu tumis hingga matang. Bubur ayam khas Bali siap dihidangkan. Semangkuk bubur ayam khas Bali dibanderol seharga Rp10.000. Cukup terjangkau.

Soal rasa jangan ditanya. Bu Bayu jagonya mengolah menu makanan khas Bali, termasuk bubur yang biasa dijajakannya. Tingkat kepedasan secukupnya membuat bubur ayam khas Bali bisa bikin ketagihan. (art)

Viral Parkir Liar, Beli Bubur Ayam 5 Menit Kena Tarif Rp7000

Viral Parkir Liar, Beli Bubur Ayam 5 Menit Kena Tarif Rp7000

Video seorang penumpang mobil dikenakan tarif parkir Rp7000 viral di media sosial. Ia keberatan karena parkir di tepi jalan hanya 5 menit.

img_title
VIVA.co.id
4 Januari 2022